Stadion Papua Bangkit berstandar FIFA bakal rampung Maret 2019

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Olahraga (Disorda) Papua menargetkan pembangunan stadion Papua Bangkit (PB), di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura akan rampung pada Maret 2019.

Kepala Bidang Pengelolaan Sarana dan Prasarana Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Bernad Sitorus mengatakan capaian pembangunan stadion sudah mencapai 97 persen, tersisa pekerjaan finishing saja.

"Kami akan dorong terus pekerjaannya, agar nantinya Presiden Jokowi bisa datang meresmikan," kata Bernad kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (24/1/2019).

Stadion berkapasitas 45.000 orang ini dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daeah (APBD) Papua sebesar Rp1,3 Triliun. Bakal jadi salah satu stadion terbesar di kawasan Indonesia Timur.

"Stadion ini akan menjadi ikon Papua. Apalagi sudah bertaraf internasional dengan standar FIFA yang dilengkapi dengan lapangan pendamping untuk menggelar latihan," ujarnya.

Di tempat terpisah, Site Engineering Manager PT PP Tbk, Dolly Abu Zain menambahkan untuk mempercepat proses pembangunan stadion, saat ini kurang lebih 900 pekerja dilibatkan, dan beberapa fasilitas sudah selesai di pasang seperti lampu LED stadion dan papan skor elektronik.

Loading...
;

Sedangkan untuk pekerjaan paving block jalan masuk proyek 100 persen, pemasangan atap stadion juga sudah selesai, dan pekerjaan besar yang harus diselesakan secepatnya ke depan adalah synthetic track.

"Kalau ruang dalam stadion tinggal finishing kecil-kecil, kalau kursi semua sudah terpasang," kata Dolly.

Selain itu, untuk pengaspalan lintasan atletik akan mulai dilakukan pekan depan, dan direncanakan tenaga ahli dari Jerman akan tiba di Jayapura Sabtu (26/1/2019), dan akan mengawasi pekerjaan pemasangan synthetic track, karena kita pakai yang kelas satu sesuai dengan standar IAAF.

"Pekerjaan yang sudah selesai juga adalah lift pada tribun utama, termasuk kursi-kursi VIP," ujarnya.

Sesuai informasi, ujar ia, stadion Papua Bangkit akan diresmikan bersamaan dengan Jembatan Hamadi-Holtekamp. Untuk itu, pekerjaannya dikebut sampai selesai, agar peresmiaan bisa dilakukan oleh Presiden Jokowi April mendatang.

"Soal pemeliharaannya, nanti menjadi tanggung jawab dari PT.PP hingga pelaksanaan PON nanti. Jadi, PT.PP akan menyiapkan tim teknis untuk masing-masing alat selama pembukaan dan penutupan PON XX tahun 2020 berlangsung," ujarnya. (*)

 

 

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top