Follow our news chanel

Staf ahli gubernur minta seleksi siswa unggul transparan

Staf ahli gubernur minta seleksi siswa unggul transparan 1 i Papua
Suasana sosialisasi program beasiswa siswa unggul yang diikuti oleh dinas pendidikan kabupaten/kota – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kesejahteraan Sosial dan Sumber Daya Manusia Ani Rumbiak meminta sistem seleksi siswa unggul yang akan dimulai awal Mei 2019, dilakukan secara transparan, akuntabel dan proporsional menurut lima wilayah adat serta bidang keahlian.

“Segera buat perencanaan kebutuhan sumber daya manusia yang menyebar di lima wilayah adat, agar proses seleksi yang akan dilaksanakan, dan dalam seleksi harus benar-benar transparan,” kata Ani Rumbiak, di Jayapura, Senin (29/4/2019).

Ia menilai, program siswa unggul sangat penting dan strategis karena akan menghasilkan siswa-siswi unggulan. Hal ini dinilai mampu meningkatkan sumber daya manusia orang asli Papua, melalui pemberian beasiswa untuk melanjutkan studi pendidikan tinggi baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

“Dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, maka akan mempercepat mengatasi permasalahan di bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur, ekonomi rakyat dan konektivitas wilayah yang merupakan amanat kebijakan Otonomi Khusus,” ujarnya.

Ani Rumbiak menambahkan, sejauh ini pemerintah provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus terus berupaya mempercepat pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi, dengan pemberian beasiswa bagi orang asli Papua.

“Untuk mencapai ini, diperlukan dukungan kebijakan serta sinergitas juga keterpaduan dalam pelaksanaannya,” katanya.

Ketua seleksi program beasiswa Otsus Papua, Anthony Mirin mengatakan pemerintah provinsi Papua melalui Biro Otonomi Khusus mulai 1 sampai dengan 11 Mei 2019 membuka seleksi administrasi program beasiswa Otsus bagi putra/putri asli Papua.

Loading...
;

Mirin menjelaskan, seleksi penerima beasiswa Otsus Papua akan dimuali melalui sejumlah tahapan yakni, sosialisasi, seleksi administrasi, tes akademik, dan pengumuman.

“1-11 Mei 2019, semua administrasi calon penerima sudah dikirim ke Biro Otsus dan akan dilakukan pemeriksaan serta verifikasi oleh pihak indepeden dari kalangan kampus. Kemudian pengumuman kelulusan administrasi tanggal 15 Mei 2019,” kata Mirim, seraya menambahkan standar nilai yang ditetapkan rata-rata 80.

Ia menambahkan, setelah pengumuman kelulusan seleksi administrasi, selanjutnya akan digelar tes akademik pada 20 Mei 2019 yang akan dilangsungkan di Jayapura, Merauke, Paniai, Wamena, Nabire, Timika, dan Biak Numfor. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top