Status Bapas Jayapura segera naik tingkat

Papua
Ilustrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkum HAM Papua - Jubi/Arjuna

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Status Balai Pemasyarakatan atau Bapas Kelas II Jayapura, Papua, segera naik tingkat menjadi Bapas Kelas I.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia atau Kemenkum HAM Papua, Anthonius Ayorbaba mengatakan peningkatan status ini tengah dalam proses.

“Secara prinsip, Bapas melaksanakan tugas-tugas pemasyarakatan dari fungsi pembimbingan. Kantor Bapas kita ini, kita sedang proses untuk peningkatan status dari Bapas Kelas II menjadi Bapas Kelas I Jayapura,” kata Anthonius Ayorbaba, Kamis (11/3/2021).

Menurutnya, tidak hanya peningkatan status Bapas Kelas II Jayapura, Kanwil Kemenkum HAM Papua juga sedang mengkaji untuk peningkatan status Kantor Imigrasi Kelas II TPI Kabupaten Mimika.

Katanya, ia telah meninjau Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika pada jelang akhir Februari 2021 lalu.

Saat itu, Kakanwil Kemenkum HAM Papua juga meninjau Unit Kerja Kemigrasian atau UKK Kantor Imigrasi Kelas II TPI Mimika, di Distrik Tembagapura.

“Kami sedang kaji untuk peningkatan [status] Kantor Imigrasi TPI Kelas II Mimika menjadi Kantor Imigrasi TPI Kelas I,” ujarnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Kepala Bapas Kelas II Jayapura, Budi Setyo Prabowo mengatakan ada berbagai kendala yang dihadapi Pos Bapas induk Jayapura selama ini.

Salah satunya dalam penanganan wilayah kerja, yang cukup luas. Sebab Pos Bapas induk Jayapura membawahi wilayah Pos Bapas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Biak, Lapas Serui, Lapas Nabire, dan Lapas Wamena.

“[Kendala lain mengenai] barang milik begara yang rusak, hilang dan menghadapi kendala penghapusan,” kata Budi Setyo belum lama ini.

Selain itu menurutnya, status tanah Bapas hingga kini hak miliknya masih dimiliki Kanwil Kemenkum HAM Papua. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top