Status gunung Sinabung siaga, kembali keluarkan awan panas

Papua
Erupsi gunung api, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karo, Sumatera Utara menyatakan status gunung Sinabung siaga level III. Gunung itu kembali meluncurkan awan panas dengan jarak 1.000 meter ke arah timur-tenggara.

“Erupsi gunung Sinabung itu terekam seismogram dengan amplitudo maksimum 120 milimeter dan durasi 166 detik,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala BPBD Karo, Natanail Perangin-angin, Rabu (28/10/2020).

Baca juga : Satu kecamatan ini gelap gulita saat erupsi Gunung Sinabung 

Erupsi gunung Sinabung, warga belum mengungsi 

Sabtu pagi tadi Anak Krakatau mengalami erupsi delapan kali

Menurut dia, Gunung Sinabung sudah mengeluarkan awan panas sejak Minggu (25/10/2020) sekitar pukul 12.51 WIB. Awan panas itu berjarak 1.500 meter ke arah timur-tenggara dan arah angin timur-tenggara.

Loading...
;

“Gunung Sinabung juga mengalami erupsi dengan amplitudo maksimum 120 mm dan durasi lebih kurang 246 detik,” kata Natanail menambahkan.

BPBD Karo merekomendasi warga maupun petani agar tidak melakukan aktivitas di desa-desa yang sudah direlokasi, serta lokasi di dalam radius 3 Km dari Puncak Gunung Sinabung dengan radius sektoral 5 kilometer untuk sektor selatan-timur, dan 4 kilometer untuk sektor timur-utara. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top