HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Stigma orang Baliem tidak bisa menjadi imam Katolik tak berlaku lagi

Penyambutan imam baru di depan paroki Kristus Terang Dunia Yiwika, Kabupaten Jayawijaya. - Jubi/Mawel
Penyambutan imam baru di depan paroki Kristus Terang Dunia Yiwika, Kabupaten Jayawijaya. – Jubi/Mawel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi โ€“ Tokoh gereja dari Paroki Kristus Terang Dunia di Yiwika, Dekanat Pegunungan Tengah, Zakeus Entama menyatakan stigma orang Suku Huwula di Lembah Baliem tidak bisa menjadi imam, suster, bruder, atau diakon tidak berlaku lagi. Kini, semakin banyak anak adat Suku Huwula yang berhasil menjadi imam, suster, ataupun bruder.

Hal itu disampaikan Zakeus Entama di Wamena, ibukota Kabupaten Jayawijaya, Papua, pada Minggu (24/11/2019). Entama menyatakan penahbisan Daud Wilil menjadi imam dan Wales Hilapok sebagai diakon pada Minggu menegaskan bahwa anak suku Huwula bisa menjadi imam atau diakon Gereja Katolik.

Entama menyatakan anggapan bahwa orang Huwula tidak bisa menjadi pemuka Gereja Katolik adalah stigma dari orang yang tidak mengetahui rencana Tuhan. “Tabisan diakon Daud Wilil menjadi imam [dan] diakon Wales Hilapok di Jayapura membuktikan orang Huwula juga bisa jadi imam, bruder dan suster,” kata Entama dalam doa penyambutan Imam Daud Wilil di kantor Dekanat Pegunungan Tengah, Minggu.

Menurutnya, kehadiran imam Daud Wilil itu bukan hanya menghapus stigma, namun juga membuktikan sabda Tuhan. Banyak hal yang oleh manusia dianggap tidak mungkin terjadi, namun akhirnya terjadi karena Sabda Tuhan. “Manusia boleh bilang tidak, akan tetapi, bagi Tuhan tidak ada yang mustahil ,” ungkap Entama.

Entama menyebut hingga kini telah ada sebelas orang Huwula yang telah menjadi imam, dan satu diakon menuju tahbisan imamat. Sejumlah orang Huwula lainnya juga memilih hidup membiara, dan masih berjuang mengikuti jejak para Imam.ย “Ada satu bruder, empat suster, dan sejumlah frater atau calon [imam],” kata Entama ย yang pernah menjadi Ketua Kring Stasi Wosi itu.

Pastor Paroki Kristus Terang Dunia Yiwika, Pastor Ambrosius Sala OFM mengatakan Paroki itu telah menjadi saksi terang Kristus bagi alam ciptaan dan manusia. “Satu terang lagi yang memberi saksi Paroki kita, memberi terang bagi dunia. Satu kebanggaan, dari sini terpancar terang bagi yang lain,” kata Pastor Ambrosius di halaman Gedung Pertemuan Paroki.

Loading...
;

Umat Katolik menyambut kedatangan Daud Wilil sebagai imam baru mereka dengan kegembiraan, merias diri, hingga berjalan kaki sejauh 15 kilometer sambil bernyanyi dan menari dari pusat kota Wamena menuju Paroki Yiwika. Perayaan itu akan dilanjutkan dengan syukuran pada Selasa (26/11/2019).

“Selamat datang Wilil, mereka [umat Katolik] mempersiapkan [kegembiraan] itu, tanda mereka sangat mendukung kehadiranmu. Terima kasih untuk keberanianmu untuk mengatakan ‘Ya’ atas panggilan Tuhan untuk melayani umat dan memberikan kebenaran hidup,” kata Pastor Ambrosius.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa