Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Stok rupiah bertambah 4,2 triliun jelang Natal

Petugas menghitung uang tunai di Kantor Bank Indonesia (BI) Papua – Antara/Hendrina Dian Kandipi.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Bank Indonesia (BI) menyiapkan uang tunai senilai Rp4,2 triliun untuk menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru di Papua. Pecahan rupiah tersebut merupakan penambahan dari uang yang beredar saat ini.

“Jadi, persediaan uang di Bank Indonesia saat ini mencapai Rp7,7 triliun. Sebanyak Rp4,2 triliun, di antaranya disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala BI Papua Naek Tigor Sinaga, Kamis (5/12/2019).

Dia mengatakan kebutuhan terhadap rupiah selalu meningkat sekitar 10% setiap tahun. Namun, kebutuhan pada Natal dan Tahun Baru kali ini diperkirakan hanya sekitar Rp3,8 triliun dari Rp4,2 triliun yang dicadangkan.

“Kenaikan (kebutuhan terhadap) uang tunai sebesar 10% itu dilihat dari aktivitas perekonomian pada setiap akhir tahun. Aktivitas masyarakat (pada saat itu) biasa meningkat,” jelas Naek.

BI Papua memasok kebutuhan rupiah dari Kantor Penghubung Distribusi Uang Kartal di Makassar, Sulawesi Selatan. Permintaan pasokan berdasarkan evaluasi kebutuhan uang tunai menjelang Natal dan Tahun Baru. Mereka memastikan persediaan rupiah mencukupi kebutuhan hingga di pengujung tahun ini. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top