Strategi Disnaker Jayapura kurangi pengangguran

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa saat diwawancara - Jubi/Ramah
Strategi Disnaker Jayapura kurangi pengangguran 1 i Papua
Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa saat diwawancara – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Tingginya angka pengangguran di Kota Jayapura memaksa Dinas Tenaga Kerja membuat berbagai terobosan untuk mengurangi angka pengangguran terbuka. Apalagi persoalan tenaga kerja di Kota Jayapura semakin kompleks. Sementara ketersediaan lapangan kerja tak sebanding dengan jumlah pencari kerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Jayapura, Djoni Naa mengatakan salah satu langkah yang dilakukan Disnaker yakni mengintensifkan kegiatan pelatihan agar masyarakat memiliki keahlian yang bisa digunakan untuk masuk ke dunia kerja.

“Kami gencarkan pelatihan seperti komputer dan mengemudi. Ini bertujuan menambah ilmu dan mengurangi pengangguran,” tutur Djoni Naa saat ditemui di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis  (7/2/2019).

Kata Djoni, sepanjang 2018 sebanyak 500 orang telah diberikan pembinaan untuk meningkatkan keterampilan kerja sehingga bisa bersaing di dunia kerja. Berbagai pelatihan ini melibatkan lembaga khusus pelatihan komputer dan mengemudi.

Kepada warga yang sudah mengikuti pelatihan, Djoni menghimbau hendaknya ilmu dan pengalaman yang sudah diperoleh dapat diaplikasikan sehingga menjadi lebih bermanfaat dan bisa mendatangkan pemasukan.

Ia juga berharap pencari kerja di Kota Jayapura hendaknya tidak terfokus pada lowongan pekerjaan yang ada, akan tetapi mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Loading...
;

“Ke depan yang tidak terampil bisa tersisih. Untuk itu dibutuhkan pengetahuan dan skill serta sikap agar bisa bersaing. Kami tidak hanya fokus satu pelatihan saja, tapi juga kedepan ada pelatihan las, tenaga perhotelan, dan otomotif,” jelasnya.

Salah satu warga yang pernah mengikuti pelatihan komputer, Agustinus Merauje dari LPK Sentra, mengaku selama mengikuti kegiatan mendapatkan ilmu pengetahuan mengoperasikan komputer yang baik.

“Menambah wawasan tentang pemahaman komputer. Kami juga diajarkan beretika, bertutur kata yang baik, berpakaian yang baik, dan datang tepat waktu,” ungkapnya. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top