Follow our news chanel

Previous
Next

Suhu di Manokwari terus memanas

Peta sebaran titik panas di Timur Indonesia. Manokwari terus mengalami peningkatan suhu panas sejak tahun 2000. (Jubi/Dokumentasi BMKG)
Suhu di Manokwari terus memanas 1 i Papua
Peta sebaran titik panas di Timur Indonesia. Manokwari terus mengalami peningkatan suhu panas sejak tahun 2000. (Jubi/Dokumentasi BMKG)

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) stasiun Rendani Manokwari mencatat suhu panas di Manokwari terus meningkat sejak tahun 2000.

Kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari, Denny Putiray mengatakan, Kabupaten Manokwari telah mengalami dampak perubahan iklim.

Ini berdasarkan data temperatur udara yang direkam BMKG, tercatat suhu rata-rata pada tahun 2000 berada pada 26.8°C.

“Suhu terus meningkat pada 2001,2002 hingga 2003. Pada 2003 tercatat naik menjadi 27.4°C. 2003 hingga 2013 bervariasi naik dan turun dengan rata-rata 27.2°C,” ujar Denny kepada wartawan di Manokwari, Rabu (4/12/2019).

Dia mengatakan, sejak tahun 2014 hingga 2017 kenaikan terus berlanjut hingga 27.8°C. Tahun 2018 turun satu poin menjadi 27.6°C dan data terakhir pada Agustus 2019 suhu panas di Manokwari masih berada pada angka tersebut.

“Kalau dilihat ke belakang, pada tahun 2000 hingga tahun 2017 sudah terjadi kenaikan mencapai 1 derajat. Sekarang diangka 27.6°C, sebisa mungkin kita harus pertahankan agar tidak terjadi kenaikan,” ujarnya.

Loading...
;

Menurut Denny, potensi suhu menurun di Manokwari cukup kecil mengingat masifnya pembangunan yang ada saat ini.  Yang ada potensi peningkatan suhu semakin besar.

“Kami berharap pemerintah daerah dan seluruh pemangku kepentingan termasuk masyarakat, sama-sama kita pertahankan suhu ini jangan sampai naik, karena kalau turun tidak mungkin, berat sekali untuk menarik turun kalau kita melihat kondisi hutan dan perkembangan pembangunan saat ini,” ujarnya.

Selain suhu panas, dampak pemanasan global lainnya yakni kekeringan hingga bencana banjir saat hujan deras datang.

“Maka sekarang harus terus digalakan adalah program menanam pohon yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan, dari unsur pemerintah swasta hingga masyarakat,” ujarnya.

Di sisi lain, Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan terus mengkampanyekan pemanasan global kepada warga Papua Barat.

Apalagi Papua Barat telah disahkan sebagai provinsi konservasi, sehingga pembukaan lahan untuk pembangunan harus melalui mekanisme ramah lingkungan.

“Semua harus dijaga, agar hutan kita tetap hijau, dan langit kita tetap biru. Kita ini provinsi konservasi,” ujar Mandacan. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top