Suku Yerisiam Gua minta PT Nabire Baru tidak provokasi media

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Nabire, Jubi – Suku Yerisiam Gua Minta PT.Nabire Baru dan pihak lain tidak memprovokasi situasi dan memperkeruh suasana.

“Saya lihat beberapa waktu belakangan ini, media lokal di Nabire membuat pemberitaan yang terkesan provokatif, dan ingin membalik fakta sebenarnya,” ujar Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, Daniel Yarawobi  kepada Jubi di Nabire, Sabtu (8/4/2017).

Daniel meminta meminta kepada PT. Nabire Baru untuk agar tidak memprovokasi persoalan yang masih dalam tahap penyelesaian oleh RSPO melalui mekanisme Dispute Settlement Fasility (DSF).

“Saya Kepala Suku Besar Yerisiam Gua, mewakili masyarakat Adat yang dilindungi oleh Negara ini, sesuai Pasal 18B ayat (2) UUD 1945 bahwa Negara mengakui dan menghormati kesatuan-kesatuan masyarakat hukum adat, serta hak-hak tradisonalnya sepanjang masih hidup dan sesuai dengan perkembangan masyarakat, dan prinsip NKRI yang diatur dalam undang-undang,” katanya.

Terpisah, Sekertaris Suku Yerisiam Gua, Tino Hanebora mengatakan, Seharusnya PT.Nabire Baru jangan, buat pemberitaan di media lokal yang tambah memperkeruh persolan yang sedang di tingkat RSPO dalam mekanisme DSF.

“Kalau seperti begini, kami masyarakat bisa saja membatalkan proses DSF tersebut karena tak menghargai proses RSPO yang sedang berlangsung,” katanya.

Loading...
;

Menurutnya masyarakat adat sudah berkomitmen dengan mekanisme DSF yang ditawarkan RSP0. “Jadi PT.Nabire Baru harus menghargai itu, sehingga kemelut ini bisa terselesaikan,” katanya.

Dalam beberapa hari terakhir ini, PT. Nabire Baru membuat pemberitaan pada media lokal di Kota Nabire. Suku Yerisiam menilai berita tersebut tidak faktual, karena terjadi beberapa tahun lalu.

Tino meminta media harus menulis sesuai dengan fakta dan kondisi yang sedang terjadi saat. Dan mengikuti perkembangan yang sedang berlangsung. “Jangan buat pemberitaan yang akan mengundang masalah baru,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top