Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Sulteng siaga hadapi cuaca ekstrem

Cuaca buruk, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Palu, Jubi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat kabupaten dan kota se-Provinsi Sulawesi Tengah diminta untuk meningkatkan kesiagaan dalam menghadapi dampak cuaca ekstrem. Tercatat dalam beberapa hari ini sudah terjadi tiga kali bencana alam di Sulteng sehingga perlu mendapatkan perhatian jajajaran BPBD di semua daerah.

“Jika terjadi bencana alam di daerah masing-masing agar segera melaporkan ke atas untuk koordinasi penanganan dampak,” kata Kepala BPBD Provinsi Sulteng, Bartholomeus Tandigala di Palu, Jumat, (19/6/2020).

Sulteng siaga hadapi cuaca ekstrem 1 i Papua

Baca juga : Nelayan daerah ini menjadi penambang timah saat cuaca buruk

Harga ikan asin di Pasar Hamadi tidak terpengaruh cuaca buruk

Cuaca buruk jadi penyebab harga ikan melambung di Pasar Pharaa

Ia mengatakan dalam beberapa hari ini sudah terjadi tiga kali bencana alam di Sulteng sehingga perlu mendapatkan perhatian jajajaran BPBD di semua daerah. Bencana alam banjir pertama terjadi di Kabupaten Sigi pada Rabu (17/6/2020) malam dan sempat memutuskan jalan darat yang menghubungkan Kota Palu dengan empat kecamatan di Sigi yakni Lindu, Kulawi, Kulawi Selatan dan Pipikoro.

Loading...
;

“Sedangkan Kamis (18/6/2020) dini hari, banjir bandang dan longsor menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Morowali Utara yang mengakibatkan sebuah jembatan ambruk, ratusan rumah warga dan areal pertanian dan perkebunan teredam,” kata Tandigala menambahkan.

Ia meminta semua petugas BPBD baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Sulteng tetap siaga ditempat. Tercatat beberapa daerah yang paling rawan banjir adalah Kabupaten Sigi, Poso, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Tolitoli, Donggala dan Parigi Moutong.

Tandigala menjamin ketersediaan logistik termasuk bahan makanan, peralatan tenda dan juga obat-obatan bila terdapat korban bencana yang harus dilayani.

“Jika dibutuhkan di lokasi bencana, BPBD Sulteng selalu siap mengirimkan kendaraan dapur umum dan air bersih,” kata Tandigala menjelaskan.

Berdasarkan laporan yang ia terima, banjir dan tanah longsor yang terjadi di beberapa daerah di Sulteng dalam beberapa hari ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian material cukup besar. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top