Follow our news chanel

Previous
Next

Sulut ekspor ikan beku ke AS

Ilustrasi ikan beku. -Tempo.co
Sulut ekspor ikan beku ke AS 1 i Papua
Ilustrasi ikan beku. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manado, Jubi – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor puluhan ribu ton ikan beku ke Amerika Serikat (AS) pada akhir 2019.

“Permintaan ikan beku dari AS sangat banyak di penghujung tahun, karena sangat dibutuhkan masyarakat menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Darwin Muksin di Manado, Kamis (9/1/2020).

Darwin mengatakan ikan beku yang diekspor ke AS sebanyak 18.427 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 212.646 dolar AS.

Dia mengatakan produk perikanan Sulut masih sangat disukai masyarakat Amerika Serikat menyusul permintaan dari negara tersebut terus meningkat.

Permintaan produk perikanan, katanya, baik ikan beku maupun ikan segar dari negara sahabat tersebut cukup tinggi dan menariknya terjadi secara rutin.

“Hampir setiap minggu produk perikanan Sulut diekspor ke negara adidaya tersebut untuk memenuhi permintaan masyarakatnya,” katanya.

Loading...
;

Ikan kaleng, ikan segar, ikan beku, dan ikan kayu menjadi andalan ekspor Sulut saat ini. Empat komoditi dari perikanan ini menghasilkan nilai ekspor lebih dari 10 persen, dari total nilai ekspor Sulut ke berbagai negara di dunia selama lima tahun terakhir ini.

Ia mengatakan nilai ekspor besar didapat di Jerman, Amerika Serikat, Arab Saudi, Inggris, dan Yaman. Juga ada beberapa negara lain di Eropa, seperti Belgia dan Belanda, sejumlah negara Asia, seperti Korea, Taiwan, dan China, serta beberapa negara di kawasan Timur Tengah dan Afrika.

“Hampir semua jenis ikan asal perairan Sulut sangat diminati negara luar, karena karakteristik ikan cukup bagus dengan kualitas rasa sangat enak jika dibandingkan daerah lain,” jelas Darwin.

Disperindag akan terus memfasilitasi para eksportir asal Sulut, agar mendapatkan pasar baru negara tujuan ekspor komoditi unggulan daerah, katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top