Sumbar siap tegur pengelola fasilitas umum tak ramah disabilitas

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Padang, Jubi – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat siap menegur pengelola sarana umum yang terbukti tak ramah terhadap penyandang disabilitas. Kebijakan itu sebagai implementasi dari Perda Nomor 2 tahun 2015 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

"Perda sebagai aturan hukumnya telah ada. Satpol PP akan mengawal aturan itu," kata, kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran setempat, Zul Aliman, Selasa, (13/11/2018).

Aliman menyebut salah satu fokus pengawasan dalam penegakan Perda itu bagunan gedung baik milik pemerintah atau swasta yang memberikan pelayanan harus memiliki akses bagi penyandang disabelilitas.

“Misalnya akses jalan khusus untuk disabel yang menggunakan kursi roda agar bisa mendapatkan pelayanan dengan lebih baik. Juga ketersediaan toilet yang ramah disabel sesuai aturan yang ada,” kata Aliman menjelaskan.

Ia mejamin akan memperingatkan pengelola bangunan gedung pelayanan yang tidak memberi akses khusus disabilitas, karena lembaga Satpol PP merupakan instansi yang ditugaskan untuk mengawal penegakan Perda selain menjaga ketertiban umum.

Menurut dia, implementasi terhadap seluruh Perda yang telah diundangkan merupakan salah satu tugas Satpol PP yang harus dilakukan secara maksimal. Meski ia mengakui banyaknya Perda di Sumbar dan kurangnya diakses saat proses pembentukan aturan itu membuat sehingga Satpol sering kewalahan melaksanakan tugasnya.

Loading...
;

Aliman mengaku belum membaca seluruh Perda yang ada di Sumbar dari awal hingga 2018.

"Kami masih inventarisir seluruh Perda yang ada di Sumbar hingga saat ini, karena jumlahnya sangat banyak," katanya.

Meski begitu tugas penegakan Perda terus dilakukan semaksimal mungkin sesuai Tupoksi intansi Satpol PP. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top