Follow our news chanel

Previous
Next

Sumpah Pemuda gagal mengIndonesiakan pemuda Papua

FIM West Papua ketika melakukan demo damai di kantor DPR Papua - Jubi/Dok.
Sumpah Pemuda gagal mengIndonesiakan pemuda Papua 1 i Papua
FIM West Papua ketika melakukan demo damai di kantor DPR Papua – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Peringatan Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 20 Oktober setiap tahun tak dipandang sama oleh pemuda Papua. Ketua Forum Independent Mahasiswa (FIM) Manokwari, Arnold Halitopo mengatakan pemuda Papua sama sekali tak dilibatkan dalam deklarasi sumpah pemuda 1928

“Pemuda Papua saat itu ada atau tidak dalam deklarasi 28 Oktober 1928? Pertanyaannya kalau ada itu siapa? Terus hari ini apakah pemuda Papua harus ikut dan bergabung atau seperti apa? Saya mau tegaskan bahwa sejak Indonesia merdeka, sumpah pemuda Indonesia gagal meng-Indonesia kan pemuda Papua,” kata Manokwari Arnold Halitopo kepada Jubi Selasa, (29/10/2019).

Menurutnya, pemuda Papua harusnya bersatu dalam wadah khusus yang mendeklarasikan diri untuk mengangkat harkat dan martabat orang asli Papua dan tanah Papua dari Sorong sampai Merauke.

“OKP yang ikut terlibat dan selalu memperingati hari sumpah pemuda terutama pemuda Papua dan terlibat di dalamnya adalah salah satu aktor memperlambatan perjuangan,” kata Arnold.

Sementara itu Komite Pengurus Pusat Forum Independent Mahasiswa (FIM) West Papua, Siwe Weya berharap pemuda Papua harus sadar dan mengerti baik sejarah pelaksaaan sumpah pemuda. Ia berharap pemuda Papua tak terbawa arus yang mengakibatkan lupa pada sejarah bangsa sendiri. (*)

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top