HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Sungai Martapura dipenuhi sampah

Ilustrasi sampah, pixabay.com
Sungai Martapura dipenuhi sampah 1 i Papua
Ilustrasi sampah, pixabay.com

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin mengerahkan lima kelompok pasukan turbo, mereka membersihkan sungai dan drainase, termasuk membersihkan sampah yang memenuhi Sungai Martapura

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Banjarmasin, Jubi – Bagian Sungai Martapura di Kota Banjarmasin menghadapi serbuan sampah sehingga sebagian areanya tersumbat. Sampah yang muncul di sungai itu meliputi enceng gondok serta ranting dan batang pohon.

Sungai Martapura dipenuhi sampah 2 i Papua

“Sampah yang mengalir ke Sungai Martapura membentuk tumpukan serupa pulau di bawah Jembatan Pangeran Antasari sehingga mengganggu lalu lintas transportasi di sungai tersebut,” kata

Kepala Bidang Sungai, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin, Hizbul Wathoni, Kamis, (2/1/2020).

Baca juga : Kebakaran lapak di Cengkareng diduga dari pembakaran sampah

Pembuangan sampah mulai tidak tertib di Pasar Pharaa

Loading...
;

Ini jumlah rata-rata sampah yang masuk teluk Jakarta setiap hari

Hizbul mengatakan sampah mulai masuk ke Sungai Martapura Banjarmasin sejak dini hari berasal dari kawasan hulu. Kondisi itu membuat ia menurunkan pasukan turbo untuk penanganan cepat, pada kamis pagi tadi.

Tercatat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Banjarmasin mengerahkan lima kelompok pasukan turbo, mereka membersihkan sungai dan drainase, termasuk membersihkan sampah yang memenuhi Sungai Martapura yang diperkirakan jumlahnya hingga puluhan ton.

“Hingga pukul 11.00 WITA, kami sudah dapat menangani sekitar setengah sampah yang terpampang itu sehingga transportasi sungai bisa lewat,” kata Hizbul menjelaskan.

Menurut dia, sampah sungai yang tak mungkin diangkat akan diurai sehingga bisa larut dalam air sungai. Sedangkan pembersihan sampah Sungai Martapura terpaksa dilakukan secara manual karena masa sewa kapal sapu-sapu Pemerintah Kota dan Balai Sungai habis pada akhir 2019.

“Secara pribadi ada kita minta bantuan untuk kapal sapu-sapu membantu, dan pemiliknya menyetujui mau membantu,” katanya.

Pemerintah Kota Banjarmasin, juga akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi serta kabupaten dan kota terkait untuk mengatasi masalah sampah di Sungai Martapura. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa