Follow our news chanel

Surat zaman perang dunia I ini ditemukan setelah hilang sejak ratusan tahun lalu

Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Sebuah surat yang hilang saat dikirimkan melalui seekor burung merpati sekitar 110 tahun lalu baru-baru ini ditemukandi sebuah lapangan di Ingersheim, Prancis. Pesan ini diduga dikirim pada 1910 oleh seorang perwira Jerman untuk rekannya yang saat itu daerah Ingersheim menjadi bagian dari Jerman.

Dominique Jardy, seorang kurator, mengatakan pesan itu terlipat di dalam kapsul aluminium kecil dan naskahnya sulit diuraikan. Ia lalu meminta koleganya dari Jerman untuk menerjemahkan pesan tersebut. Isinya adalah laporan tentang latihan militer Jerman di Kota Colmar

“Peleton Potthof menerima tembakan ketika mereka mencapai perbatasan barat tempat pawai, peleton Potthof menembak dan mundur setelah beberapa saat. Di Fechtwald, setengah peleton dinonaktifkan. Peleton Potthof mundur dengan kekalahan besar,” bunyi pesan itu, dikutip kantor berita AFP, Rabu, (11/11/2020).

Baca juga : Koin emas murni ditemukan di kota tua Yerusalem

Perahu kuno ini diperkirakan berusia 700 tahun

Piramida dan jaringan runtuhan kota bawah tanah ditemukan di Samoa

Loading...
;

Jardy menduga istilah kekalahan dalam surat tersebut merujuk pada latihan militer, bukan kekalahan dalam arti banyaknya prajurit yang tewas. Hal itu praktik umum selama latihan militer saat itu.

Menurut Jardy, sempat ada perdebatan apakah surat ini dikirim via burung Merpati pada 1910 atau 1916. Namun ia yakin peristiwa ini terjadi pada 1910 karena pada 1916 tidak ada manuver militer di sekitar Colmar. Selain itu, surat ini menggunakan istilah-istilah khusus. untuk latihan militer daripada perang.

“Artefak seperti pesan itu hampir tidak pernah ditemukan hari ini. Ini benar-benar sangat, sangat, sangat langka. Benar-benar luar biasa,” kata Jardy menjelaskan.

Surat itu akan dipajang di museum Linge Memorial, yang menceritakan kisah pertempuran antara pasukan Prancis dan Jerman pada 1915.

Tercatat Prancis menyerahkan Ingersheim dan daerah sekitarnya ke Jerman pada 1871 setelah perang Prancis-Jerman, tetapi wilayah itu berpindah tangan lagi pada tahun 1918 dengan kemenangan Sekutu dalam Perang Dunia I. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top