Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Surplus Pemerintah Kepulauan Cook capai jutaan dolar

Anggaran Pemerintah Kepulauan Cook alami surplus 54%. - RNZI / Daniela Maoate-Cox
Surplus Pemerintah Kepulauan Cook capai jutaan dolar 1 i Papua
Anggaran Pemerintah Kepulauan Cook alami surplus 54%. – RNZI / Daniela Maoate-Cox

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rarotonga, Jubi – Pemerintah Kepulauan Cook melaporkan surplus sebesar AS $ 16,34 juta, sekitar 54 persen lebih tinggi dari jumlah yang diperkiraan untuk kuartal kedua tahun anggaran 2018/19 yang berakhir pada 31 Desember 2018.

Dalam laporan keuangan triwulan Kepulauan Cook yang baru-baru ini dirilis, pemerintah mengatakan surplus AS $ 8,8 juta lebih banyak daripada apa yang diproyeksikan untuk kuartal itu.

Surplus Pemerintah Kepulauan Cook capai jutaan dolar 2 i Papua

Peningkatan surplus ini disebabkan, terutama, oleh naiknya pemasukan dari kategori ‘sumber pendapatan lain’, termasuk dari pembayaran lisensi penangkapan ikan dan berkurangnya belanja modal negara, serta penghematan besar-besaran dari pengeluaran anggaran belanja operasional negara.

Laporan kuartal itu menyatakan belanja modal pemerintah untuk periode tersebut di bawah ekspektasi awal, menyebabkan surplus sebesar AS $ 3,3 juta. Pemerintah Kepulauan Cook juga berhasil mengurangi $ 8,88 juta dari belanja operasional pemerintah untuk periode itu, yang jumlahnya mencapai AS $ 51,6 juta.

Jumlah pemasukan negara yang dikumpulkan hingga Desember adalah AS $ 67,9 juta, dimana AS $ 54,5 juta dari itu datang hanya dari pembayaran pajak. Pendapatan dari lisensi penangkapan ikan juga jauh di atas perkiraan awal.

Menurut laporan tersebut, tingginya pembelian lisensi penangkapan ikan negara itu, disebabkan banyaknya pembelian izin penangkapan ikan menggunakan Pukat cincin (Purse seine) akhir tahun lalu, akibat meningkatnya populasi ikan tuna di ZEE Kepulauan Cook pada November dan Desember. (PINA/Cook Islands News)

Loading...
;


Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top