Follow our news chanel

Survei tunjukkan Fiji siap dipimpin PM perempuan

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Hasil sebuah survei yang menunjukkan bahwa Fiji sudah siap untuk dipimpin oleh perempuan, sepertinya bukan kejutan bagi banyak orang.

Dengan pemilu tahun ini semakin mendekat, jajak pendapat Tebbutt-Times yang terbaru menegaskan bahwa gender bukanlah halangan dari menjadi perdana menteri Fiji.

Sebanyak 70 persen dari mereka yang mengisi survei itu menjawab ‘ya’ kepada pertanyaan ‘apakah Fiji sudah siap dipimpin oleh PM perempuan’, survei ini diisi oleh masyarakat dari berbagai latar belakang jenis kelamin, etnis, kelompok usia, geografi, dan di lokasi perkotaan dan pedesaan.

Pilihan yang paling populer untuk calon PM perempuan adalah Kepala Suku Rewa dan Pemimpin Blok Oposisi, Ro Teimumu Kepa, yang menuai hingga 49 persen dukungan.

Jajak pendapat tersebut tidak mendaftar kandidat-kandidat perempuan yang dapat dipilih, sebaliknya, rakyat diberikan kebebasan untuk memilihi nama pemimpin perempuan yang menurut mereka paling sesuai atau memenuhi syarat untuk menjadi PM.

Survei ini benar-benar memberikan Ro Teimumu posisi superioritas yang tinggi.

Loading...
;

Hasil survei ini sangat menarik dan datang pada momen yang tepat, ketika semua perhatian tampaknya diberikan kepada laki-laki sebagai pemimpin politik.

Secara keseluruhan, 15 persen pemberi pendapat mengatakan Fiji belum siap untuk pemimpin perempuan, 8 persen belum yakin, dan 1 persen menolak untuk menjawab.

Sementara itu, survei itu menunjukkan bahwa laki-laki lebih cenderung menjawab bahwa Fiji belum siap untuk PM perempuan (18 persen) daripada perempuan (12 persen).

Seperti yang diungkapkan oleh Profesor Vijay Naidu dari Universitas Selatan Pasifik, perubahan besar atas pandangan masyarakat tentang kemampuan perempuan, telah mendorong banyak warga Fiji untuk menerima ide tentang memiliki seorang perempuan sebagai PM.

Profesor Naidu percaya bahwa hasil survei ini menarik, karena banyak responden yang memilih di luar gender dan kelompok etnisitas mereka, ketika mendukung seorang perempuan sebagai pemimpin politik nasional berikutnya.

Ini mengejutkan, tambahnya, karena sampai sekarang Fiji masih terus didominasi oleh laki-laki dalam berbagai bidang, termasuk di Parlemen. (Fiji Times)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top