HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tabi Saireri dorong percepatan pemekaran provinsi

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawacarai awak media. -Jubi/Engel Wally
Tabi Saireri dorong percepatan pemekaran provinsi 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawacarai awak media. -Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Tim kajian percepatan Daerah Otonomi Baru (DOB) Tabi Saireri, terus melakukan persiapan serta pendataan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA), yang nantinya menjadi dukungan penuh dalam proses percepatan pemekaran DOB Tabi Sireri.

Ketua Forum Kepala Daerah Tabi, Mathius Awoitauw yang juga Bupati Jayapura mengatakan potensi SDA wilayah Tabi belum disentuh dan dikelola hingga saat ini, sehingga potensi ini akan menjadi andalan jika menjadi provinsi baru.

Tabi Saireri dorong percepatan pemekaran provinsi 2 i Papua

“Kita punya laut yang menyediakan potensi perikanan yang luar biasa, pariwisata, mineral, sumber daya air, bahan pertambangan, hutan, dan masih banyak lagi. Tentunya ini menjadi kekuatan kami,” ujar Mathius Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Minggu (15/3/2020).

Dikatakan, SDA dan SDM yang dimiliki saat ini sedang didata oleh tim percepatan pemekaran, baik di Kabupaten Jayapura, Sarmi, Keerom, Mamberamo Raya dan Kota Jayapura.

Selain potensi SDA dan SDM yang dipersiapkan, kata Awoitauw, regulasi yang tepat juga sedang digarap untuk mengawal potensi SDA yang dimiliki, sehingga pada waktunya dapat dikelola untuk kesejahteraan masyarakat.

“Data yang ada saat ini terkait indeks pembangunan manusia masih yang tertinggi di Papua, apalagi kita dorong dengan sumber daya alam yang tersedia,” katanya.

Loading...
;

Menurutnya, yang menjadi hal utama adalah bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan bagi generasi muda saat ini, baik secara potensi SDA yang dimiliki maupun dalam sistem pemerintahan yang baru.

“Ketika pusat industri dibangun di wilayah ini, sudah pasti akan menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit, dan kalau lapangan kerja tersedia maka tingkat kesejahteraan masyarakat mulai meningkat,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Pemekaran Tabi Saireri, Tony Tesar, mengatakan dukungan semua masyarakat Tabi dan Saireri adalah bagian yang tak terpisahkan dari upaya mengawal aspirasi masyarakat, untuk mewujudkan pemekaran provinsi baru di Papua.

“Semua pihak harus memberikan dukungan, secara pemerintahan oleh masing-masing kepala daerah kita tetap solid untuk mengawal aspirasi ini,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top