Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tahanan di Brazil menawan sipir karena khawatir Covid-19

Papua
Foto ilustrasi. - pixabay.com
Tahanan di Brazil menawan sipir  karena khawatir Covid-19 1 i Papua
Foto ilustrasi. – pixabay.com

Banyak kerusuhan terjadi dalam penjara di beberapa negara wilayah Amerika Latin selama pandemi

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rio de Janeiro, Jubi –  Sejumlah tahanan pada Sabtu (2/5/2020) melakukan kerusuhan dan menawan tujuh sipir penjara di Kota Manaus, Brazil, karena khawatir tertular Covid-19. Kawasan Manaus merupakan wilayah yang berada dalam Hutan Amazon, lokasi layanan masyarakat kewalahan menghadapi dampak pandemi.

Tahanan di Brazil menawan sipir  karena khawatir Covid-19 2 i Papua

Otoritas penjara melaporkan tidak ada korban jiwa akibat insiden tersebut, tetapi 10 sipir dan lima tahanan mengalami luka serius. Bagi petugas, kerusuhan itu merupakan upaya melarikan diri dari penjara.

Baca juga : Presiden Brazil terpukul ketika salah satu menterinya mundur

Cara Brazil melindungi masyarakat adat dari wabah Covid-19

Hadapi corona, warga kawasan kumuh di Brazil sewa dokter sendiri

Loading...
;

Namun kerabat para tahanan yang berkumpul di luar penjara mengatakan kerusuhan terjadi karena kondisi penjara yang buruk. Beberapa tahanan, dari keterangan kerabatnya, mengaku tidak mendapat makanan cukup, akses listrik dan layanan kesehatan yang memadai. Pihak lain menyebut wabah Covid-19 di Manaus membuat banyak tahanan kian khawatir.

Pejabat berwenang belum menanggapi pertanyaan terkait kekhawatiran para tahanan terhadap risiko penyebaran Covid-19 di penjara. Dua lembaga permasyarakatan di negara bagian yang sama dengan Kota Manaus, Amazonas, telah melaporkan kasus positif corona dalam penjara, demikian keterangan otoritas terkait.

Banyak kerusuhan terjadi dalam penjara di beberapa negara wilayah Amerika Latin selama pandemi. Sebagian besar aksi itu didorong tahanan yang panik dan khawatir akan tertular Covid-19, mengingat virus mudah tersebar dalam penjara yang kurang layak huni dan melebihi kapasitas.

Beberapa tahanan di Buenos Aires, pada April, memanjat atap penjara dan membakar kasur. Para tahanan mengatakan mereka tidak ingin mati dalam penjara.

Sementara itu, sembilan tahanan tewas akibat kerusuhan dalam penjara di Peru pada pekan ini.

Di Venezuela, kerusuhan turut terjadi dalam penjara di Negara Bagian Portuguesa, menyebabkan 46 orang tewas dan 60 lainnya luka-luka, kata kelompok pembela hak asasi manusia dan seorang anggota dewan dari partai oposisi. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top