Follow our news chanel

Previous
Next

Tahap pertama bantuan sembako bagi pelaku usaha di Kota Jayapura lancar

Sekretaris Daerah Kota Jayapura didampingi Kadisperindagkop dan UKM saat menyerahkan bantuan sembako di Kantor Distrik Jayapura Selatan. - Jubi/Ramah
Tahap pertama bantuan sembako bagi pelaku usaha di Kota Jayapura lancar 1 i Papua
Sekretaris Daerah Kota Jayapura didampingi Kadisperindagkop dan UKM saat menyerahkan bantuan sembako di Kantor Distrik Jayapura Selatan. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyalurkan 1.000 paket sembako kepada pelaku usaha di bidang perdagangan, industri, koperasi, dan usaha mikro kecil menengah.

“Tahap pertama penyaluran bantuan semabako berjalan lancar,” ujar Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura, Robert L.N. Awi usai menyerahkan 147 bantuan sembako kepada pelaku usaha di Distrik Jayapura Selatan, Sabtu (18/4/2020).

Hanya saja, dikatakan Awi, dari 1.000 paket bantuan sembako, ada 10 persen pelaku usaha yang sudah terdaftar namanya, namun tidak datang mengambil haknya karena sudah pindah alamat.

“Maka akan kami alihkan ke pelaku usaha binaan kami yang belum sempat menerima bantuan, sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kota Jayapura untuk meringankan beban kebutuhan pangan di tengah pandemo virus corona,” ujar Awi.

Guna mengantisipasi supaya tidak ada penerimaan ganda, Awi memastikan hal itu tidak akan terjadi sebab semua daftar nama penerima bantuan paket sembako berisikan 10 kilogram beras, 5 liter minyak goreng, 5 kilogram gula pasir, 1 karton mi instan, dan satu rak telur, sesuai daftar yang dibuat yaitu by name by address.

“Kalau tidak mengambil maka kami tinggal daftar nama mereka di kantor distrik masing-masing, karena nama mereka kami kirim ke distrik dan kelurahan masing-masing. Kami berharap dengan menyerahkan daftar nama mereka, yang sudah terima tidak dilayani lagi,” ujar Awi.

Loading...
;

Awi menambahkan, untuk bantuan tahap kedua sedang mengusulkan revisi dua Dokumen Pelaksanaan Anggaran khusus untuk pelaku usaha di bidang industri dan koperasi, karena dari daftar 1.000 nama penerima bantuan, dua bidang ini sangat minim mendapat bantuan.

“Pelaksanaanya paling cepat akhir April, paling lambat awal Mei kami sudah bisa bagikan 600 paket bantuan sembako,” ujar Awi.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey berharap agar bantuan sembako yang sudah diberikan supaya dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk pemenuhan gizi dalam pemenuhan kebuhan pangan di tengah pendemi corona.

“Bantun sembako ini merupakan kepedulain pemerintah kepada warganya yang terdampak virus corona. Kita semua harus bersabar dengan ujian ini dan berharap semoga wabah ini cepat berlalu,” ujar Pekey.

Menurut Pekey, Pemerintah Daerah terus berupaya menangani pandemi virus corona, di antaranya memberlakukan pembatasan sosial, meliburkan sekolah dan Aparatur Sipil Negara, melarang mudik, mengimbau warga memakai masker, sarung tangan, cuci tangan pakai sabun.

“Ini dilakukan agar memutus rantai penyebaran virus corona supaya warga di Kota Jayapura ini khsususnya sehat, dan juga aktivitas perekonomian kembali lancar,” ujar Pekey. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top