Follow our news chanel

Tahun 2019, tiga puskesmas di Wondama kepulauan siap beroperasi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wasior, Jubi – Sebanyak tiga puskesmas baru yang dibangun di daerah kepulauan Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, siap beroperasi pada 2019.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, Eli Parairaway, di Wasior, Minggu (14/10/2018), mengatakan tiga puskesmas itu yakni Puskesmas Soug Wepu di Kaprus, Puskesmas Roon di Kampung Niab, dan Puskesmas Kuri Wamesa di Ambumi.

Ia mengutarakan pembangunan tiga puskesmas tersebut sudah selesai 100 persen, termasuk perangkat mebelernya. Tahun ini belum bisa difungsikan karena dana operasional belum dianggarkan dalam APBD 2018.

"Kita rencanakan tahun depan operasionalnya baru ada. Kalau kita kirim tenaga (petugas kesehatan, red.) ke sini baru operasionalnya belum ada, itu sama saja. Kasihan mereka," kata Eli.

Dalam kunjungan kerja bupati beberapa waktu lalu di tiga distrik tersebut, warga Distrik Soug Wepu dan Distrik Roon minta puskesmas di kedua wilayah tersebut segera difungsikan.

Warga mengungkapkan layanan medis selama ini tidak berjalan optimal terutama karena petugas medis yang ditempatkan di puskesmas pembantu (pustu) jarang berada di tempat.

Loading...
;

"Pustu di Niab ini sudah dari tahun 2017 selesai dibangun tinggal pakai. Tapi sampai sekarang layanan belum berjalan. Kami sudah usul berulang kali tapi sampai hari ini belum ada tanggapan," kata Kepala Kampung Niab, Bernard Ramandey, saat itu.

Kepala Kampung Sariai, Jhon Akwan, juga mengatakan sejak 2015 pustu di kampung itu tidak melakukan pelayanan karena petugas medis tidak pernah berada di tempat tugas.

"Jadi masyarakat kalau mau berobat itu lari ke Yende (Ibu Kota Distrik Roon) atau ke Aisandami (distrik terdekat)," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top