Follow our news chanel

Previous
Next

Tahun ini, Pemkab Yahukimo berlakukan absensi elektronik

Tahun ini, Pemkab Yahukimo berlakukan absensi elektronik 1 i Papua
Bupati Yahukimo, Abock Busup – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Guna menertibkan sekaligus meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran pemerintah Kabupaten Yahukimo maka, mulai tahun ini (2020) akan diberlakukan absensi elektronik.

Bupati Yahukimo Abock Busup, mengatakan pada 12 atau 18 Januari 2020, pihaknya akan meluncurkan absensi elektronik, sehingga kehadiran pegawai negeri di daerah tersebut dapat terpantau secara baik.

“Selama ini banyak pegawai yang tidak disiplin, jadi kami akan berlakukan ini,” kata Abock di Jayapura, Kamis (9/1/2020).

Selain itu, mulai Januari 2020 pihaknya juga akan memberlakukan pembayaran insentif secara manual. Hal ini dilakukan karena banyak pegawai yang tidak berada di tempat tugas tapi tetap mendapat insentif.

“Insentif tidak lagi di tranfer ke rekening. Kalau gaji itu memang negara yang atur, tapi kalau insentif itu merupakan penghargaan dari pemerintah sesuai dengan kehadiran, kinerja dan hal lainnya,” ujarnya.

“Selama insentif dikirim via rekening, tapi banyak pegawai yang makan gaji buta padahal tidak pernah masuk kantor,” sambungnya.

Loading...
;

Terkait ini, kata ia, sudah ada Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2019 tentang pembayaan gaji dan insentif. Dengan demikian, pegawai yang tidak pernah hadir, otomatis tidak akan mendapat insentif.

“Kalau di Papua sesuai dengan surat edaran, 6 Januari 2020 seluruh pegawai sudah harus masuk kantor. Jadi sekarang ASN sudah harus ada di tempat untuk menjalankan pemerintahan, tidak boleh mondar- mandir di luar Yahukimo,” katanya degan tegas.

Pelaksana Tugas Sekda Yahukimo, Elai Giban membenarkan sudah adanya surat edaran bupati terkait pembayaran insentif, sehingga pihaknya tinggal menerapkannya saja.

“Jadi bagi pegawai yang jarang ataupun tidak pernah masuk kantor tidak bisa memproses Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). Yang bisa memproses hanyalah pegawai rajin dan selalu masuk kantor serta disiplin,” kata Giban.

Ia tegaskan, peraturan ini berlaku bagi semua Aparatur Sipil Negara yang ada di Yahukimo, mulai dari pimpinan OPD, pegawai negeri hingga pegawai honorer. Untuk itu, dirinya meminta seluruh aparatur untuk disiplin dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab.

“Saya harap seluruh ASN mulai dari pimpinan sampai staf dalam waktu dekat sudah ada di tempat tugas untuk menjalankan tugas-tugas,” imbaunya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top