Follow our news chanel

Previous
Next

Taiwan tak diundang pertemuan WHO

World Health Organization – Jubi/Twitter.com
Taiwan tak diundang pertemuan WHO 1 i Papua
World Health Organization – Jubi/Twitter.com

Taiwan telah melobi agar ikut ambil bagian dalam badan pengambilan keputusan WHO

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Taipei, Jubi – Meskipun telah berupaya keras, Taiwan tetap tidak diundang dalam pertemuan badan utama Organisasi Kesehatan Dunia karena tekanan China. Taiwan telah melobi agar ikut ambil bagian dalam badan pengambilan keputusan WHO, Majelis Kesehatan Dunia, yang dimulai secara virtual pada Senin.

“Terlepas dari semua upaya kami dan tingkat dukungan internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya, Taiwan belum menerima undangan untuk ambil bagian,” kata Menteri Luar Negeri Taiwan,  Joseph Wu kepada wartawan, Senin, (18/5/2020).

Baca juga : WHO sebut Corona menginfeksi lebih dari 3 juta penduduk dunia

Terkait Covid-19, WHO minta prioritaskan pasien lansia dengan penyakit penyerta

WHO singgung kelangkaan masker saat corona mewabah

Loading...
;

Taiwan menyatakan keinginannya berbagi dengan dunia mengenai pengalaman suksesnya memerangi virus corona, setelah melaporkan 440 kasus dan tujuh kematian berkat deteksi dini dan pencegahan.

Namun China yang menganggap Taiwan sebagai bagian dari mereka, menegaskan bahwa pulau itu tidak memiliki hak untuk menghadiri pertemuan badan internasional sebagai negara berdaulat. China sangat keberatan jika Taiwan mengambil bagian dalam majelis itu, kecuali mereka mengakui sebagai bagian dari China—sesuatu yang ditolak oleh Taipei.

“Kementerian Luar Negeri menyatakan penyesalan mendalam dan ketidakpuasan yang kuat bahwa Sekretariat Organisasi Kesehatan Dunia telah menyerah pada tekanan dari pemerintah China dan terus mengabaikan hak kesehatan 23 juta orang di Taiwan,” ujar Wu.

Baik WHO dan China mengatakan Taiwan telah diberi bantuan dan informasi yang dibutuhkan selama pandemi, yang sangat diperdebatkan oleh Taiwan.

Amerika Serikat telah berulang kali berselisih dengan China atas penolakannya untuk memberi Taiwan akses penuh ke badan tersebut dan memicu ketegangan lebih lanjut antara Washington dan Beijing.

Taiwan menghadiri majelis sebagai pengamat pada 2009-2016 tetapi China memblokir partisipasi lebih lanjut setelah pemilihan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, yang China anggap sebagai separatis.

Wu mengatakan bahwa Taiwan telah setuju bahwa masalah keikutsertaannya akan ditunda sampai akhir tahun ini sehingga majelis yang dapat fokus pada penanganan virus corona.

“Maklum, negara-negara ingin menggunakan waktu yang tersedia untuk berkonsentrasi pada upaya penanggulangan pandemi,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top