Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tak ada alasan tak ada anggaran untuk PSU

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Jayapura, Jubi – Anggota Komisi I DPR Papua yang membidangi Pemerintahan, Politik, Hukum dan HAM, Ruben Magai menyatakan, keliru jika pemerintah kabupaten di Papua yang direkomendasikan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU) beralasan tak bisa menggelar karena terbentur anggaran.

"Dana itu adalah dana hibah. KPUD mengusulkan berapa pun, pemerintah kabupaten tidak bisa alasan tidak ada dana. Tidak bisa dicairkan. Itu bukan dana APBD kabupaten/kota. Dana APBN yang ditransfer masuk ke kas daerah," kata Ruben, Selasa (14/3/2017).

Tak ada alasan tak ada anggaran untuk PSU 1 i Papua

Menurutnya, dana itu diberikan berdasarkan permintaan atau usulan dari KPU. Makanya, dana itu disebut dana hibah. Pemerintah kabupaten juga tahu aturan mainnya.

"Pengguna anggaran dalam hal ini adalah KPU. Bukan pemerintah. Jadi ini hanya perlu dibicarakan saja. Tapi siapapun, tidak bisa beralasan dana tidak bisa dicairkan," ujarnya.

Dalam Pilkada serentak 2017 beberapa daerah di Papua direkomendasikan PSU diantaranya, Kepulauan Yapen, Kabupaten Jayapura dan Tolikara. Namun untuk Tolikara, KPUD setempat tidak menindaklanjuti rekomendasi PSU oleh Panwas setempat dengan alasan, rekomendasi tersebut sudah kedaluarasa.

Untuk Kepulauan Yapen, KPUD setempat telah menggelar PSU. Sementara pelaksanaan PSU di Kabupaten Jayapura terbentur anggaran.

Loading...
;

Ketua KPUD Kabupaten Jayapura, Lidia Maria Mokay mengatakan, pihaknya membutuhkan kurang lebih Rp5,7 miliar untuk melaksanakan PSU. Pihaknya telah menyampaikan permintaan dana itu secara tertulis kepada Pemkab Jayapura.

"Kami juga minta kepada Kemendagri menyurati Pemkab Jayapura agar memberikan dana untuk pelaksanaan PSU. PSU ini bukan kemaun kami, karena rekomendasi Panwas. Kami harus menindaklanjuti," kata Maria belum lama ini. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top