Follow our news chanel

Tak perlu khawatir, tak ada referendum dalam RUU Otsus Plus

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Ketua DPR Papua, Yunus Wonda mengatakan, pemerintah pusat tak perlu khawatir terhadap draf Rancangan Undang-Undang Otonomi Khusus (RUU Otsus) Plus yang sejak beberapa tahun lalu didorong Pemprov Papua, dan kini kembali diupaya dapat disahkan menjadi UU oleh DPR RI, karena tak ada pasal di dalamnya yang meminta referendum.

"Yang jelas tidak ada referendum, gubernur jenderal kan tidak ada," kata Yunus Wonda, Kamis (18/10/2018).

Ia mengatakan, pasal-pasal yang ada dalam draf RUU Otsus Plus tersebut bagaimana Pemprov Papua diberi kewenangan lebih dalam mengambil kebijakan misalnya terkait perizinan dan lainnya. 

Menurut Wonda, RUU Otsus Plus tersebut mestinya menjadi jawaban saat Otsus Papua berakhir beberapa tahun lagi, karena hingga kini belum nampak seperti apa grand desain pemerintah pusat sebagai solusi, setelah Otsus Papua berakhir nantinya.

"Pertanyaannya kini, setelah Otsus berakhir kira-kira grand design pusat seperti apa? Sampai hari ini, tidak ada gambaran itu," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah pusat jauh-jauh hari mestinya telah merencanakan langkah apa yang akan diambil setelah pemberlakuan Otsus Papua berakhir. Jangan sampai, ketika tiba waktunya, barulah akan dibicarakan. 

Loading...
;

Kini kata Wonda, tinggal bagaimana respons pemerintah pusat, duduk bersama Pemerintah Provinsi Papua membicarakan mengenai RUU Otsus Plus tersebut.

"Ini hanya masalah niat, jika memang pemerintah pusat serius untuk mengesahkannya, karena draf RUU Otsus Plus sudah ada di Kementerian Hukum dan HAM," ucapnya.

Hanya saja lanjutnya, jangan sampai ada pasal-pasal dalam RUU tersebut yang diubah sehingga menghilangkan makna sebenarnya, yang merupakan pikiran Pemprov Papua, Majelis Rakyat Papua (MRP), DPR Papua dan masyarakat Papua. (*)
 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top