Follow our news chanel

Previous
Next

Taman baca bersuasana alami di Kantor Bupati Jayapura

Papua
Taman Baca Phaniauw Khena Mbai di Kompleks Kantor Bupati Jayapura - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Kompleks Kantor Bupati Jayapura saat ini memiliki taman baca . Keberadaan fasilitas tersebut diharapkan meningkatkan kemampuan literasi para pegawai setempat.

“Taman baca ini untuk meningkatkan minat baca para ASN (aparatur sipil negara) dan masyarakat umum. Taman baca ini kami beri nama Phaniauw Khenambai Umbai, sesuai moto Kabupaten Jayapura. Ada 5.000 koleksi buku dan akan ada tambahan 200 buku lagi,” kata Kepala Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Jayapura Rudy Sokoy, Senin (21/9/2020).

Sokoy mengatakan minat warga, termasuk ASN untuk berkunjung ke perpustakaan masih sangat rendah di Kabupaten Jayapura. Karena itu, mereka mengondisikan taman baca tersebut bersuasana alami guna menarik minat pengunjung.

“Pengunjung dapat menikmati bacaannya di bawah rindang pepohonan. Kami mengubah (mendesain) halaman yang sebelumnya memang seperti hutan mini. Belum pernah ada (konsep) taman bacaan seperti ini di Kabupaten Jayapura,” ujar Sokoy.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah berencana menjadikan taman bacaan tersebut sebagai gedung perpustakaan permanen. Mereka sudah menyiapkan ajuan penganggarannya untuk disetujui para pengambil kebijakan daerah.

“Pengunjung taman baca saat ini juga dapat mengakses gratis wifi. Ada 20-50 pengunjung setiap hari atau 500 orang sejak taman baca dibuka pada bulan lalu,” lanjut Sokoy.

Febiola, seorang pengunjung mengaku merasa nyaman berada di Taman Baca Phaniauw Khenambai Umbai. Dia bisa membaca dengan tekun karena kondisi di sekitarnya sangat mendukung.

Loading...
;

“Suasananya sangat cocok (nyaman) karena di bawah pepohonan rindang serta jauh dari keramaian dan kebisingan kendaraan (bermotor). Keberadaan taman baca ini harus gencar disosialisasikan agar ramai pengunjung sehingga ribuan koleksi buku tidak sia-sia (karena ada yang membacanya),”kata Febiola. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top