Follow our news chanel

Previous
Next

Taman Kanak-kanak sebagai dasar pendidikan

Peserta didik TK Negeri Pembina Kotaraja sedang istirahat - Jubi/Ramah
Taman Kanak-kanak sebagai dasar pendidikan 1 i Papua
Peserta didik TK Negeri Pembina Kotaraja sedang istirahat – Jubi/Ramahota Jayapura, Taman Kana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan Taman Kanak-kanak sebagai dasar pendidikan yang baik kepada anak dalam akhlak, ilmu, dan iman.

“TK ini dasar dari segala-galanya. Saya minta kepada guru pembinaan karakter anak harus diajarkan. TK sebagai dasar sehingga terbawa sampai perguruan tinggi dengan melakukan hal-hal baik,” ujar Tomi Mano usai meresmikan TK Negeri Pembina Kotaraja, Senin (13/1/20).

Menurut Tomi Mano, anak menjadi sopan, baik, dan akhlaknya baik karena dari gurunya yang menyalurkan ilmu pengetahuan kepada anak didiknya karena yang sudah diajarkan di sekolah akan dilakukan juga di rumah, lingkungan, dan teman-temannya.

Seperti jangan membuang sampah sembarangan, cuci tangan pakai sabun sebelum makan, lanjut Tomi Mano, hal ini akan menjadi kebiasaan baik anak bagi anak yang terus terbawa sampai perguruan tinggi.

Meski sulit, Tomi Mano berharap kesulitan itu harus dihadapi dengan kecerdasan dan kemauan sebab sangat penting untuk seluruh guru TK baik negeri dan swasta agar menyiapkan anak-anak Port Numbay sebagai anak-anak yang cerdas.

“Kalau kita ajarkan tentang kasih sayang, saling menghargai maka pasti akan tercipta kedamaian dan cinta lingkungan. Tanamkam nilai akhlak yang mulia sehingga menjadi anak yang takut pada Tuhan. Menciptakan sekolah sebagai taman yang indah, tidak ada rasa takut, kebersamaan, senda gurau, dan tidak ada sekat-sekat,” jelas Tomi Mano.

Loading...
;

Tomi Mano berpesan kepada seluruh guru TK baik negeri dan swasta, bukan hanya fokus dalam kelas tapi juga di luar kelas. Seperti mengajarkan cinta lingkungan dan kebersihan.

“Maka itu saya menciptakan sekolah yang ramah lingkungan sehingga mendapatkan Adiwiyata sebanyak 12 sekolah. Ini yang harus kita pertahankan. Dasar pendidikan harus ditanamkan dengan baik sehingga ilmu, iman, dan akhlak seimbang. Mari kita bersama-sama bergandengan tangan untuk mendidik anak-anak di Kota Jayapura menjadi anak yang cerdas karena kita butuh sumber daya manusia yang cerdas. Kota Jayapura nomor 2 setelah Yogya sebagai sekolah berbasis IT,” ujar Tomi Mano.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Fachruddin Pasolo, mengatakan pembinaan karakter dan pendidikan pada anak TK dan PAUD agar memberikan kemerdekaan atau mengekspresikan pada anak untuk mengasah potensi.

“Guru-guru diberikan waktu. Jangan sampai kita harus doktrin sehingga tidak menjadikan anak menjadi takut sehingga kreativitas anak tidak terpasung ada proses pendidikan dan pengajaran melalui pembinaan karakter,” ujat Fachrudin.

Diakui Facruddin, hal itu diimulai dari guru karena akan tularkan kepada anak didiknya sehingga pandai, cerdas, beramal, dan beretika sehingga keberhasilan di bidang pendidikan dan kebudayakan harus dipertahankan sebagai barometer pendidikan di Kota Jayapura.

“Ini penting. Kalau dasar ini kuat maka akan kokoh sehingga tidak ada pembunuhan, kota bersih karena dasar pendidikan sudah diajarkan. Mengasihi sesama manusia. Bersahabat dengan sesama,” ujar Fachruddin. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top