Follow our news chanel

Previous
Next

Tambah 31 kasus, rumah sakit di Papua nyaris penuh

Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 10 Mei 2020. – Satgas Covid-19 Papua
Tambah 31 kasus, rumah sakit di Papua nyaris penuh 1 i Papua
Infografis perkembangan pandemi Covid-19 di Papua hingga 10 Mei 2020. – Satgas Covid-19 Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah 31 kasus baru positif korona terkonfirmasi pada Minggu (10/5/2020), menambah jumlah kasus positif korona di Papua menjadi 308 kasus. Sejumlah 31 kasus baru itu terkonfirmasi 15 kasus di Mimika (RS Tembagapura), 11 kasus di Kabupaten Biak, dan 5 kasus di Kabupaten Keerom.

“Ada kurang lebih 600 lebih pasien yang dirawat. Sebanyak 228 pasien positif dan 428 PDP. Maknanya, rumah sakit kita akan penuh dengan pasien. Petugas kita akan bekerja luar biasa dan lembur. Kami akan kewalahan,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Covid-19 Papua, dr Silwanus Sumule, Sp.OG di Jayapura, Minggu (10/5/2020).

Sumule berharap masyarakat tetap mematuhi apa yang diminta Satgas penanganan Covid-19 dengan melakukan social distancing dan physical distancing. Jika tidak, petugas dan fasilitas kesehatan di Papua akan kewalahan karena hanya dua rumah sakit di Papua yang memiliki ruang isolasi sesuai aturan Kemenkes, sedang yang lain tidak.

“Dalam dua bulan kami berupaya melakukan sedikit renovasi, untuk merawat pasien positif Covid-19. Kalau ditanya cukup? Harus kita cukupkan. Suka tidak suka, harus beri pelayanan. Saat ini sudah 640 pasien sudah dirawat, sehingga selanjutnya pasien yang sakit ringan bisa diisolasi mandiri,” katanya.

Sebab itu dokter Sumule berharap semua warga Papua mau menjalankan protokol penanganan Covid-10 dengan baik, tetap di rumah, jika harus keluar wajib menggunakan masker.

“Kalau tidak diindahkan, akan berdampak pada petugas yang akan bekerja ekstra,” katanya

Loading...
;

Hari ini juga terdapat 1 kasus pasien sembuh dari Kabupaten Jayapura, dan total pemeriksaan PCR sampai Minggu 10 Mei sebanyak 1.582 sampel.

Sedangkan Kabupaten Biak yang hari ini mendapat penambahan sebanyak 11 kasus versi Satgas Provinsi Papua, dikonfirmasi gugus tugas Covid-19 Kabupaten Biak sebanyak 12 kasus.

Kepala Sekretariat Tim Gugus, Markus O Mansnembra, mengatakan pihaknya mengirimkan 50 spesimen swab pada 7 Mei lalu, dan setelah diperiksa pada  9 Mei, diperoleh hasil 12 terkonfirmasi positif virus korona, sehingga total kasus positif di Kabupaten Biak Numfor menjadi 23 orang.

“Saat ini RSUD Biak merawat 25 pasien Covid-19. Sebanyak 23 pasien Covid-19 dari Kabupaten Biak Numfor dan dua orang rujukan Kabupaten Supiori,” katanya.

Tetapi Kabupaten Biak Numfor pada Senin (11/5/2020) ini akan memulangkan dua pasien sembuh setelah dua kali hasil pemeriksaan PCR dinyatakan negatif.

“Kami mohon dukungan dan partisipasi masyarakat dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Kami berharap patuh terhadap protokol dan beraktivitas mulai pukul 04.00-17.00,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top