Follow our news chanel

Previous
Next

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

papua-wali-kota-jayapura
Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru saat mengimbau warga di Pantai Hamadi untuk mematuhi protokol kesehatan. - Jubi/Ramah

Tambah 77 kasus baru, total kasus Covid-19 di Kota Jayapura mencapai 4.176

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Angka kasus Covid-19 di Kota Jayapura, Papua, terus bertambah. Pemerintah Kota Jayapura mencatat jumlah kumulatif kasus positif infeksi virus korona telah mencapai 4.176 kasus.

Hal itu disampikan Wakil Wali Kota Jayapura, , Rustan Saru pada Sabtu (17/10/2020). “Kemarin ada penambahan 77 kasus baru, dan ada 28 pasien Covid-19 yang sembuh. Kita harus hati-hati, karena tingkat penyebaran [Covid-19] semakin tinggi,” ujar Rustan Saru di Pantai Hamadi, Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura, Sabtu.

Hingga Sabtu, total akumulasi kasus positif korona di Kota Jayapura telah mencapai 4.176 kasus. Dari jumlah itu, sejumlah 2.273 pasien telah dinyatakan sembuh. Sejumlah 1.834 pasien masih menjalani perawatan. Sejumlah 69 orang pasien Covid-19 telah meninggal dunia.

Jumlah suspek Covid-19 mencapai 31 kasus, sementara jumlah kontak erat mencapai 439 kasus. Sejumlah 114 orang yang positif terinfeksi korona tidak menunjukkan gejala sakit Covid-19, atau tanpa gejala.

Baca juga: Pentingnya menjaga kebersihan air selama pandemi Covid-19

Rustan menyatakan angka kasus Covid-19 terus bertambah sejak Pemerintah Kota Jayapura memberlakukan kenormalan baru atau new normal. Pertambahan kasus itu disebut Rustan terjadi karena kurangnya kesadaran masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.

Jumlah kasus aktif di Kota Jayapura melebihi kapasitas rumah sakit di Kota Jayapura. Hal itu membuat sebagian pasien Covid-19 dengan gejala sakit ringan dirawat di Hotel Sahid dan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Papua.

Loading...
;

Rustan menyatakan jumlah komulatif pasien positif yang menjalani perawatan di Sahid mencapai 309 orang (151 orang masih dirawat, 153 orang telah sembuh, dan 1 orang dirujuk ke rumah sakit). Jumlah pasien Covid-19 yang dirawat di LPMP Papua secara komulatif telah mencapai 136 orang (133 orang masih dirawat, 1 orang sembuh, dan 2 orang dirujuk ke rumah sakit).

Rustan meminta masyarakat tetap berdisiplin dan mematuhi protokol kesehatan. “Kata kuncinya ada. Tetap waspada, pakai masker, jaga jarak, rajin mencuci tangan pakai sabun, mengurangi aktivitas fisik di luar rumah, dan selalu menyediakan hand sanitizer,” ujar Rustan.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pemkot Jayapura tetap melakukan pelayanan

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano, mengatakan angka pertambahan kasus (Rt/Ro) pada Agustus 2020 mencapai 0,8 persen. Akan tetapi, sejak new normal diberlaku pada September, angka pertambahan kasus itu melonjak menjadi 1,4 persen.

“Mari bersama-sama memutus mata penyebaran Covid. Mari jaga jarak, cuci tangan, tidak berkerumun, dan pakai masker supaya bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19,” ujar Tomi Mano.

Ia berharap pada masa pandemi Covid-19 jangan ada lagi orang kepala batu yang meremehkan dampak virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Ia mengingatkan warga untuk menghindari perilaku yang berisiko menularkan virus korona.

“Seperti di tempat karaoke dan diskotik, lagu bunyi sampai pagi, padahal tidak boleh. Stop dengan cara-cara itu, karena membahayakan diri sendiri dan orang lain,” ujar Tomi Mano. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Scroll to Top