Follow our news chanel

Tambang rakyat kian marak di Yahukimo

Wakil bupati Yahukimo Yulianus Heluka SH bersama asisten 3 kabupaten yahukimo - Jubi/ David Sobolim
Tambang rakyat kian marak di Yahukimo 1 i Papua
Wakil bupati Yahukimo Yulianus Heluka  bersama asisten 3 kabupaten yahukimo – Jubi/ David Sobolim

Yahukimo, Jubi – Semakin maraknya pertambangan rakyat di kabupaten Yahukimo sejak beberapa bulan belakangan ini menjadi perhatian dari Pemda setempat untuk mengevaluasi pertambangan rakyat tersebut.

Hal tersebut ditegaskan oleh wakil bupati Yahukimo Yulianus Heluka setelah membuka Konferda KAPP di gedung Gereja GIDI Efanhastia Dekai Yahukimo Rabu (3/7/2019).

“ Kehadiran pedulangan rakyat di Yahukimo selama beberapa bulan terakhir sudah merusak lingkungan dan Hutan Yahukimo,”

Menurutnya masyarakat Yahukimo sudah mengeruk emas itu secara manual di kabupaten Yahukimo. Dan sampai saat Ini belum ada perusahaan milik masyarakat yahukimo yang belum mampu mengelola SDAnya.

Untuk mengembangkan potensi sumber daya alam di yahukimo perlu melibatkan investor yang mampu memberi dampak keuntungan bagi masyarakat dan Pemda selain perubahan ujarnya. Dan kegiatan diselenggarakan KAPP begini maka investor akan hadir untuk memberikan pengalaman kepada para pengusaha maupun pemuda Yahukimo untuk dapat mengembangkan kemampuannya.

Dia menegaskan pengusaha maupun masyarakat yang mengambil secara ilegal harus berhenti. Dan yang bekerja harus punya payung hukum yang jelas agar kontribusi dari perusahaan tersebut akan berkontribusi terhadap pembangunan daerah ini jelas dia.

Ketua Dewan Adat Papua Dominggus Sorabut menambahkan perusahaan yang yang berada di Papua tidak harus di di keruk tanpa memperhatikan pemilik ulayat . Tetapi kewajibannya untuk memperdayakan masyarakat asli Papua agar dapat bersaing dan memberikan kesempatan.

Loading...
;

Dia juga meminta kepada masyarakat Papua khususnya Yahukimo, untuk selalu melakukan transaksi jual beli terhadap orang Papua karena di daerah yahukimo sendiri mulai nampak usaha-usaha OAP di bidang ekonomi.

Editor: Syam Terrajana

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top