Follow our news chanel

Previous
Next

Tanzania sita ratusan gading gajah liar

Ilustrasi gading gajah, pixabay.com
Tanzania sita ratusan gading gajah liar 1 i Papua
Ilustrasi gading gajah, pixabay.com

“Penyitaan itu merupakan salah satu upaya memerangi jaringan kriminal terorganisir yang memburu gajah liar dilindungi di Tanzania,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Menteri Sumber Daya Alam dan Pariwisata Tanzania, Hamisi Kigwangalla, menyatakan negaranya menyita ratusan gading yang diduga diperoleh dengan membunuh 117 gajah liar.

“Penyitaan itu merupakan salah satu upaya memerangi jaringan kriminal terorganisir yang memburu gajah liar dilindungi di Tanzania,” tulis pernyataan Kigwangalla, dalam cuitan Twitter, Rabu, (5/9/2019) malam.

Populasi gajah liar di Tanzania yang terkenal dengan kekayaan alam liarnya terus menurun setiap tahun. Sensus pada 2015 menunjukkan jumlah gajah liar menurun drastis dari 110.000 pada 2009 menjadi 43.000 pada 2014.

Walaupun demikian, pemerintah menyebut telah menempuh berbagai langkah untuk memulihkan jumlah gajah liar yang turun drastis akibat perburuan liar. Dalam cuitannya pada Rabu malam, Kigwangalla menyampaikan ratusan gading yang disita itu diperoleh dari pemburu skala besar Hassan Shaban Likwema alias Hassan Nyoni.

“Penangkapan Nyoni membuktikan bahwa kami akan mengadili semua pemburu gajah liar di negara kami, terkecuali bagi mereka yang telah pergi dari Tanzania,” kata Kigwangalla.

Loading...
;

Pemerintah Tanzania menduga nilai ratusan gading yang disita dari Nyoni dan kawanannya mencapai empat miliar shilling atau setara dengan 1,74 juta dolar AS. Gading itu diperkirakan diperoleh dari hasil berburu gajah selama periode 2015 dan tahun sebelumnya.

Walaupun demikian, Nyoni ataupun kelompok pemburu liarnya belum dapat dihubungi untuk dimintai keterangan.

Sebelumnya, Nyoni mengunggah gambar dirinya tengah memantau 75 gading utuh berukuran besar dan 338 potongan gading berukuran kecil lewat akun media sosial Twitter.

Pemerintah Tanzania pada Juli mengatakan pihaknya akan gencar menerapkan kebijakan anti-perburuan liar.

Kebijakan itu diklaim pemerinta telah meningkatkan populasi gajah hingga mencapai 60.000 ekor sampai tahun ini.

Tercatat pengadilan di Tanzania pada Februari sempat menjatuhkan vonis 15 tahun penjara terhadap seorang pebisnis wanita asal China yang dijuluki “Ratu Gading”. Dia dinyatakan bersalah karena menyelundupkan lebih dari 350 gading gajah ke kawasan Asia. Vonis itu diyakini sebagai salah satu keberhasilan pemerintah memerangi aksi perburuan gajah liar di Tanzania. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top