Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Taruna-taruni di Poltekbang Jayapura diharapkan akomodir 80 persen OAP

Siswa-siswi SMA/SMK sederajat saat mengikuti sosialisasi perguruan tinggi di Politekbang Jayapura. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Bidang Pendidikan SMA dan SMK Dinas Pendidikan, Kebudayaan, dan Arsip Daerah Papua, Max, mengatakan Politeknik Penerbangan Jayapura harus bisa mengakomodir anak-anak Orang Asli Papua (OAP) sebanyak-banyaknya.

“Pesan Pak Gubernur Papua, persentasi OAP jika bisa sampai 80:20. Ini rekomendasi untuk dipertimbangkan. Tetapi OAP yang betul-betul serius, bukan OAP yang hanya terima afirmasi tanpa tekad yang kuat,” ujar Max di Poltekbang Jayapura, Selasa (25/2/2020).

Max mengajak putra-putri asli Papua agar mulai membenahi diri. “Kegagalan kita adalah faktor disiplin. PR (pekerjaan rumah) ke depan adalah pembentukan karakter dengan nilai disiplin yang kuat, karena mempunyai SDM yang berkarakter.”

Menurut Max, pintar bisa ditemukan dalam proses tapi karakter tidak terjadi seketika, karena harus melewati proses panjang.

“Untuk itu kami terus berkoordinasi dengan Poltekbang Jayapura, karena animo masyarakat sangat tinggi kalau bicara penerbangan. Dengan adanya Politeknik Penerbangan Jayapura, bisa mencetak penerbang-penerbang yang handal sehingga anak-anak Papua bisa tampil di depan,” jelas Max.

Direktur Politeknik Penerbangan Jayapura, Benny Suherman, mengaku siap mengakomodir 80:20 untuk taruna-taruni di Poltekbang Jayapura.

Loading...
;

“Lebih dari itu kami siap, bahkan menawarkan kalau perlu ada jalur penerimaan khusus buat anak asli Papua, supaya punya kesempatan lebih besar,” ujar Benny.

Benny mengaku terus berupaya melakukan kerja sama dengan pemerintah kota dan kabupaten, agar anak asli Papua lebih banyak lagi sekolah di perguruan tinggi Kementerian Perhubungan.

“Dari pemda juga bisa aktif mendorong anak-anaknya maju untuk mendapatkan kompetensi salah satunya di bidang penerbangan. Tahun kemarin ada 15 persen OAP yang ikut seleksi tapi yang lulus sembilan persen. Tahun ini mudah-mudahan meningkat 20 persen,” jelas Benny. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top