Teluk Wondama butuh kehadiran PMI

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Wasior, Jubi – Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, membutuhkan kehadiran Palang Merah Indonesia (PMI) untuk membantu daerah tersebut mencukupi ketersediaan darah serta kegiatan sosial lainya.

Kepala Distrik Wasior, Anthonius Alex Marani, di Wasior, Kamis (6/9/2018), menyatakan pihaknya sedang mendorong pemerintah daerah membentuk PMI di kabupaten ini. Keberadaan PMI dinilai penting terutama untuk menjamin persediaan darah.

Menurutnya, kehadiran PMI sudah cukup mendesak. Ia berharap bupati memandang serius kehadiran PMI, mengingat perannya sangat dibutuhkan warga.

"Supaya kita tidak kesulitan darah. Rumah sakit sudah ada dan beroperasi melayani masyarakat tapi sering tidak ada stok darah," lanjutnya.

Alex mengaku sudah dua kali dihubungi pengurus PMI Provinsi Papua Barat dalam rangka pembentukan PMI Cabang Teluk Wondama. Dia sendiri telah melanjutkan informasi itu kepada pimpinan di atasnya, namun sampai sekarang belum ada tindak lanjut.

"PMI itu bagus karena mereka juga relawan yang siap bekerja sewaktu bencana. Tapi yang paling penting itu untuk persediaan darah karena mereka itu kan punya alat dan sarana yang lengkap sehingga bisa dipakai kapan saja," jelasnya.

Loading...
;

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Teluk Wondama, J. Parairaway, dalam kesempatan terpisah mengakui keberadaan PMI penting terutama dalam rangka menjamin stok darah.

Karenanya dia akan mendorong agar lembaga tersebut segera hadir di daerah yang pernah porak poranda akibat banjir bandang beberapa tahun silam.

"Dulu Sekda lama (almahrum Jusak Karubuy-Red) sudah pernah usul tapi belum dijawab. Nanti kita akan koordinasikan lagi," tambahnya.

Menurutnya, di daerah lain peran PMI cukup besar sebagai mitra pemerintah daerah. Pihaknya menginginkan hal serupa terjadi di daerah ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top