HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tembagapura pimpin klasemen Covid-19 di Mimika berjumlah 132 kasus positif

Tim Medis SOS Freeport Indonesia Papua
Paramedis dari Medical Officer International SOS PT Freeport Indonesia saat bertugas menangani atlet saat lomba Marathon dan Jalan Cepat di kota Kuala Kencana, Mimika, Papua – Jubi/Jean Bisay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Distrik Tembagapura, Timika, Papua, sebuah kota indah terletak 2000 m di atas permukaan laut dan tidak jauh dari Puncak Carstensz. Tempat tinggal karyawan salah satu tambang emas raksasa di dunia sementara memimpin jumlah positif Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) sebanyak 132 kasus.

 

Data yang dirilis tim gugus tugas percepatan dan pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika menyebutkan selain Tembagapura, tiga distrik lainnya yang turut menyumbang pasien positif korona adalah distrik Mimika Baru 49 kasus, distrik Wania 32 kasus dan distrik Kuala Kencana 9 kasus positif.

Tembagapura pimpin klasemen Covid-19 di Mimika berjumlah 132 kasus positif 1 i Papua

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan dan Pengendalian Covid-19 Kabupaten Mimika, Reynold Ubra menginformasikan, dari penambahan 17 kasus positif yang diumumkan, Kamis (28/5/2020) malam, masing-masing distrik Tembagapura (7 kasus), Mimika Baru (7 kasus), Wania (2 kasus) dan Distrik Kuala Kencana 1 kasus. Dari jumlah ini, RS Tembagapura melaporkan 7 kasus dan RSUD Mimika 10 kasus.

“17 kasus baru ini merupakan spesimen yang dirujuk dari RSUD Mimika dan dikeluarkan oleh Klinik Kuala Kencana PT. Freeport Indonesia. Dengan demikian kumulatif hingga malam ini [Kamis 28 Mey 2020] total pasien Covid-19 di Mimika berjumlah 222 orang,” Reynold Ubra menjelaskan lewat video confrence Kamis malam.

Hingga kemarin secara kumulatif di kabupaten Mimika jumlah sebanyak 222 kasus positif Covid-19. Kasus aktif 132. Pasien sembuh 86 orang dan meninggal 4 orang.

Kabupaten Mimika, Papua sendiri memiliki 18 distrik atau kecamatan meliputi Distrik Mimika Barat, distrik Mimika Barat Jauh, distrik Mimika Barat Tengah, distrik Mimika Timur, distrik Mimika Timur Tengah, distrik Mimika Timur Jauh, distrik Mimika Baru, distrik Kuala Kencana, distrik Tembagapura, distrik Agimura, distrik Jila, distrik Jita, distrik Kwamki Narama, distrik Hoya, distrik Iwaka, distrik Wania, distrik Amar dan distrik Alama.

Dengan jumlah 19 Kelurahan dan 133 Kampung. Kelurahan terbanyak terdapat di distrik Mimika Baru yang beribukota di Timika. Sedangkan jumlah Kampung terbanyak ada di distrik Tembagapura berjumlah 12, menyusul distrik Jila ada 12 kampung dan distrik Jita mempunya 10 kampung.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas mengatakan kesehatan dan keselamatan seluruh karyawan merupakan prioritas utama perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan mineral emas, tembaga dan perak di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua itu.

“Kami telah dan terus bekerja bersama International SOS tanpa mengenal lelah, serta berkoordinasi erat dengan pemerintah untuk menyediakan penanganan medis terbaik yang dapat kami berikan sesuai dengan prosedur mitigasi global COVID–19. Kami bersyukur, penanganan pasien COVID–19 menunjukkan hasil yang baik, dengan semakin banyaknya karyawan yang hampir sembuh,” kata Tony dikutip dari Antara.

Demi menjaga keselamatan dan kesehatan lebih dari 25.000 karyawan dan kontraktornya. Penyedia layanan medis PTFI telah dan terus memperluas jangkauan pemeriksaan agar dapat mengidentifikasi kasus positif secara lebih cepat dan melakukan tracing guna menahan laju penyebaran virus.

Pimpinan Medical Officer International SOS, dr Darma Irawan mengatakan fasilitas kesehatan dan jumlah tenaga medis yang ada di Tembagapura serta Kuala Kencana cukup untuk menangani berbagai skenario yang telah disiapkan.

“Namun, untuk berjaga–jaga, kami telah dan akan terus menambah jumlah tenaga medis, serta fasilitas kesehatan pendukung lainnya,” kata Darma. (*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top