Tenaga Medis di Dosai Keluhkan Transportasi

Rapat koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura bersama seluruh puskesmas pekan lalu – Jubi/Yance Wenda
Rapat koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura bersama seluruh puskesmas pekan lalu – Jubi/Yance Wenda
Sentani, Jubi – Tenaga medis di Puskesmas Dosai, Distrik Sentani Barat, Kabupaten Jayapura, Papua mengeluhkan masalah transportasi ke puskesmas.

Pasalnya para medis masih menggunakan kendaraan umum yang jangkauannya lumayan jauh dari jalan umum.

Kepala Puskesmas Dosai, dr. Inda Lisyani kepada Jubi di Sentani Kamis pekan lalu mengatakan mereka tidak memiliki kendaraan pribadi.

“Kadang kami mengalami kendala itu karena sopir taksi tidak mau mengantar kami sampai ke puskesmas. Akibatnya pelayanan kami tidak tepat waktu,” katanya.

Maka dari itu, ia mengharapkan agar Dinas Perhubungan Kabupaten Jayapura memperhatikan masalah tersebut. Setidaknya diberi kebijakan agar jam-jam tertentu sopir angkutan umum dapat mengantarkan penumpang tujuan Puskesmas Dosai, terutama petugas kesehatan.

“Kalau kami gunakan mobil pusling mengalami kendala karena masyarakat pada saat itu harus menggunakan layanan pusling. Kalau pusling kami pakai masyarakat tidak dilayani,” ujarnya.

Ia menyebutkan sebanyak 36 petugas kesehatan di puskesmas tersebut. Di antaranya: 2 dokter umum, 1 dokter gigi, 14 orang perawat D-3, SPK 4 orang, analis 2 orang D-3 dan 1 orang SMK, petugas gizi 3 orang, petugas kesling, petugas farmasi 1 orang, bidan 2 orang.

Loading...
;

“Selanjutnnya ada 4 orang bidan dan untuk pegawai kontrak ada dua; 1 pegawai gizi dan 1 pegawai pusling, sopir 1 orang dan dokter umum 1 orang,” katanya.

Warga Kampung Dosai Yohanes mengatakan pelayanan kesehatan di kampung tersebut umumnya baik.
“Namun ada tidak bagusnya. Ada masyarakat yang mau periksa darah, tapi tidak ada malaria. Pas diperiksa di rumah sakit dokter bilang ada malaria, padahal di puskesmas ini juga ada alat,” katanya.

Ia pun berharap agar pelayanan di puskesmas tersebut ditingkatkan sebab Dosai masih dalam administrasi Kota Sentani, dan puskesmas ini sebagai puskesmas induk. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top