Follow our news chanel

Tenaga Medis Disiagakan di Lokasi Pemotongan Hewan

Ambon, Jubi/Antara – Pemerintah daerah (Pemda) Maluku menyiagakan tenaga medis di lokasi-lokasi pemotongan hewan kurban dalam menghadapi perayaan Idul Adha 1436 Hijriyah.

“Pemda Maluku maupun Pemkab dan Pemkot di wilayah ini sudah menyiagakan petugas terutama tenaga medis guna melakukan pemeriksaan hewan yang akan dipotong,” kata anggota tim medis, Kunta Adnan, yang ditugaskan Pemerintah Kota Ambon, Selasa (22/9/2015).

Dia menjelaskan seluruh tenaga medis yang disiapkan di lapangan harus melakukan pemeriksaan hewan meliputi kesehatan dan umur hewan, demi menjamin hewan-hewan tersebut sehat dan layak dijadikan kurban.

Dua jenis pemeriksaan yang akan dilakukan terhadap hewan kurban. Pertama, ante mortem yaitu pemeriksaan fisik luar hewan sebelum dipotong, yang meliputi hidung, mata, jantung, dan paru-paru.

Kedua post mortem, pemeriksaan bagian dalam hewan sesudah pemotongan.

“Pemeriksaan post mortem dilakukan dengan sasaran pemeriksaan meliputi kondisi hati, jantung, paru-paru, limpa, ginjal, dan organ dalam lainnya. Apabila ditemukan kelainan dan ada cacing hati maka organ tersebut harus disingkirkan karena tidak layak untuk dikonsumsi,” kata Kunta.

Dia mengatakan pihaknya pekan lalu sudah melatih petugas dari tiap-tiap masjid di Kota Ambon yang akan melakukan pemotongan hewan kurban, dan mewajibkan mereka melakukan pemeriksaan, minimal bisa melihat kondisi hewan normal apa tidak, setelah itu diagnosa untuk layak dipotong atau tidak.

Loading...
;

Dia menambahkan, dalam pengawasan dan pemeriksaan yang dilakukan selama ini terhadap hewan kurban di Maluku belum ditemukan penyakit-penyakit berbahaya seperti Anthrax maupun sapi gila. Apalagi sapi-sapi yang disiapkan di daerah ini merupakan sapi lokal. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top