Follow our news chanel

Tentara bersihkan puskesmas dan bekali pelajar tentang kebangsaan

Ilustrasi. Satgas Yonif 725/WRG menggelar penyuluhan kesehatan di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua - Jubi/Dok Yonif 725 WRG
Tentara bersihkan puskesmas dan bekali pelajar tentang kebangsaan 1 i Papua
Ilustrasi. Satgas Yonif 725/WRG menggelar penyuluhan kesehatan di Distrik Senggi, Kabupaten Keerom, Provinsi Papua – Jubi/Dok Yonif 725 WRG

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif PR 328/DGH membersihkan wilayah sekitar Puskesmas di Kampung Pitewi, Distrik Arso Timur, Kabupaten Keerom.

Menurut Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Yonif PR 328/DGH, Mayor Inf Erwin Iswari, kegiatan itu sebagai bentuk kepedulian personel yang bertugas di Pos Pitewi terhadap kebersihan lingkungan dalam mewujudkan Indonesia sehat di wilayah perbatasan.

“Melihat lingkungan Puskesmas Kampung Pitewi yang jarang dibersihkan dan tidak terawat, personel Satgas berinisiatif untuk mengajak seluruh pegawai melaksanakan bersih-bersih dan merapikan lingkungan puskesmas,” katanya.

Puskesmas Pitewi, kata dia, merupakan satu-satunya fasilitas kesehatan di Kampung Pitewi, tapi tenaga kebersihannya terbatas.

“Karena Puskemas Pitewi ini sangat ramai pada hari-hari biasa melayani warga yang berobat, saat ada kesempatan lenggang Satgas mengajak pegawai untuk merawat dan membersihkan lingkungan Puskesmas,” katanya.

Dia mengatakan kesehatan dimulai dari kebersihan lingkungan sekitar dan tempat-tempat umum seperti puskesmas.

Loading...
;

“Jika lingkungan bersih, maka aktivitas di lingkungan Puskesmas Pitewi akan lebih baik dan tentunya orang yang mau datang berobat punya motivasi untuk sehat,” kata Erwin.

Kepala Puskesmas Pitewi, Adrianus, sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh prajurit TNI AD itu.

Dia bahkan mengharapkan agar bakti sosial itu menjadi amal kebaikan dan dapat dijadikan contoh bagi pegawai-pegawai puskesmas agar konsisten merawat  puskesmas.

Wawasan kebangsaan

Tentara juga membekali sejumlah pelajar dengan wawasan kebangsaan dan latihan baris-berbaris seperti yang dilakukan Babinsa Koramil 1701-23/Skanto, Serda Sulistiono dan Kopda Yuli Barang di SMA Katolik Negeri Kampung Wulukubun, Distrik Skanto, Jumat (19/7/2019).

Pembekalan dilakukan ketika sekolah itu sedang menggelar Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPDB).

Serda Sulistiono mengatakan materi wawasan kebangsaan atau bela negara yang diberikan itu di antaranya tentang pengertian, dasar hukum, fungsi, tujuan, dan manfaat bela negara.

Dilanjutkan dengan contoh-contoh pengamalan bela negara, mulai tingkat individu, keluarga, sekolah, bermasyarakat, dan bernegara.

“Pembekalan wasasan kebangsaan ini sangat penting bagi pelajar yang baru masuk sekolah karena dapat membentuk mental generasi muda yang berjiwa nasionalis dan berwawasan kebangsaan dalam membentuk disiplin untuk menunjang kegiatan di bangku sekolah,” katanya.

Menurut dia, pembekalan materi bela negara dan latihan PBB sangat penting bagi para pelajar yang memasuki tahun ajaran baru.

“Karena dengan kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mental disiplin generasi muda yang cinta tanah air, bangsa, dan negara,” ujar dia.

Pada momentum itu, materi PBB juga diberikan dengan penyampaian teori secara singkat dan dilanjutkan praktek, mulai dari gerakan di tempat hingga gerakan berpindah tempat.

“Gerakan yang kita latihkan di sini ialah materi dasar PBB gerakan di tempat di antaranya sikap sempurna, sikap istirahat, tata cara penghormatan, serta gerakan lain PBB, kemudian dilanjutkan dengan gerakan berpindah tempat d iantaranya haluan kanan dan haluan kiri, serta langkah biasa dan langkah tegap,” terang Serda Sulistiono.

Wakil Kepala Sekolah SMKN Keerom, Ubaldus Loza, menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Babinsa dalam mengisi materi bela negara dan PBB.

Ia berharap hal serupa dapat kembali dilaksanakan pada kesempatan yang lain di sekolahnya.

“Saya sangat mengapresiasi peran serta Babinsa Koramil Skanto yang mau membantu kami untuk mengisi jadwal kegiatan Masa Orientasi dengan pembekalan wawasan kebangsaan atau bela negara dan latihan PBB, semoga ke depan bapak-bapak Babinsa bersedia untuk mengisi materi pada kegiatan sekolah,” jelasnya. (*)

Editor: Timo Marten

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top