Tentara keamanan Nigeria bebaskan ratusan pelajar yang diculik

Papua, Penculikan
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta,Jubi – Pasukan keamanan Nigeria menyelamatkan hampir 350 pelajar laki-laki yang diculik di wilayah barat laut Nigeria dan dibawa kabur ke sebuah hutan. Pembebasan ratusan pelajar pada pada Kamis (17/12/2020) itu membawa kelegaan para keluarga. Meski masih belum diketahui dengan jelas apakah pelajar laki-laki yang hilang itu sudah ditemukan semua.

“Saya rasa kita sudah menemukan semua anak laki-laki yang hilang itu,” kata Gubernur Aminu Bello Masari.

Beberapa jam sebelumnya, beredar sebuah rekaman video di dunia maya yang memperlihatkan kelompok radikal Boko Haram bersama beberapa pelajar laki-laki. Otentifikasi rekaman video itu belum terverivikasi.

Baca juga :Boko Haram lepaskan 82 siswa culikan

Konsulat RI : Waspadai penculikan di perairan Sabah

Pembajakan dan perompakan di Selat Singapura kembali meningkat

Loading...
;

Penculikan tersebut memancing kemarahan negara yang sudah geram dengan tingginya tingkat ketidakamanan dan ingatan akan penculikan yang dilakukan Boko Haram pada 2014. Tercatat lebih dari 270 pelajar perempuan di barat laut Kota Chibok juga diculik.

Sedangkan penculikan sisw apria terjadi pada Jumat malam (11/12/2020), saat sekelompok laki-laki bersenjata menggendarai sepeda motor menggeledah SMP Negeri di Kota Katsina. Mereka lalu menggiring pelajar laki-laki ke hutan Rugu.

Masari mengatakan total 344 pelajar laki-laki yang ditahan di hutan sudah dibebaskan di wilayah perbaatasan Zamfara. Dia tidak menjelaskan berapa jumlah pasti pelajar yang hilang atau bagaimana proses pembebasan mereka.

Masari hanya menjelaskan pasukan keamanan telah menutup area tempat para pelajar tersebut diculik dan mereka diperintahkan agar tidak melepaskan tembakan.

“Kami bersyukur mereka (aparat keamanan) mengikuti saran kami dan tidak ada satu pun tembakan yang dilepaskan,” kata Masari menjelaskan.

Semua korban penculikan itu sekarang dalam perjalanan ke Kota Katsina dan akan menjalani pemeriksaan kesehatan. Mereka akan dipulangkan pada keluarga masing-masing pada Jumat, (18/12/2020, waktu setempat. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top