Tera ulang akan dikelola Disperindagkop Kota Jayapura

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kegiatan tera dan tera ulang terhadap segala jenis alat ukur, takaran, dan timbangan ke depan bakal dikelola Pemerintah Kota Jayapura. Selama ini kegiatan tera dan tera ulang, baik itu SPBU dan timbangan di pasar di Kota Jayapura dilakukan Balai Metrologi Wilayah Jayapura yang berada di bawah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Papua.

Hal ini dilakukan setelah Undang- Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah mengatur pengalihan tersebut.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Jayapura Emiel Sarean mengatakan pihaknya masih menyiapkan gal-hal yang pendukung program tersebut.

“Dialihkannya kewenangan kegiatan tersebut berdasarkan lokasi masing-masing wilayah, selain itu supaya bisa berlangsung maksimal, sebab tujuan diadakan tera dan tera ulang untuk memaksimalkan pelayanan publik kepada masyarakat, khususnya perlindungan konsumen,” katanya kepada Jubi, Jumat (30/9/2016).

Kota Jayapura, lanjutnya, ingin melindungi kepentingan umum dan memberikan jaminan dalam kebenaran pengukuran, ketertiban, dan kepastian hukum.

“Jangan sampai masyarakat dirugikan karena terjadi kecurangan dalam pengukuran barang yang dijual oleh pedagang,” terangnya.

Loading...
;

Hingga kini, aturan tersebut kembali dibahas dalam Raperda Retribusi Daerah Kota Jayapura untuk Agenda Raperda Non APBD pada Oktober atau November mendatang.

”Kesiapan yang harus dilakukan, antara lain sumber daya manusia (SDM), laboratorium, peralatan, perlengkapan sarana, dan SOTK, kami harap pelaksanaannya bisa berjalan tahun depan,” katanya. 

Ia mengatakan, sudah mendata 5 ribu pedagang atau potensi untuk retribusi tersebut. Bahkan pengajuan raperda pembaruan ini ditambahkanretribusi tera ulang SPBU, emas, dan alat lainnya.

Umar, seorang warga mengaku kepastian dan alat takar yang pas menjadi permintaan utama dalam jual-beli. Karena itu para pedagang mesti melakukan tera ulang. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top