HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Terdakwa pembawa 64 butir amunisi disidangkan di Biak

Terdakwa Imanuel Wayeni saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Biak - Dok. Kuasa hukum
Terdakwa pembawa 64 butir amunisi disidangkan di Biak 1 i Papua
Terdakwa Imanuel Wayeni saat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Biak – Dok. Kuasa hukum

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jayapura – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Biak, Papua menyidangkan terdakwa kepemilikan 64 butir amunisi kaliber 5,65 milimeter, Imanuel Wayeni (34), Rabu (13/11/2019).

Imanuel Wayeni ditangkap Polres Biak Numfor di Pelabuhan Biak pada 4 September 2019, saat dalam perjalanan dari Kota Jayapura menuju Serui, Kabupaten Kapulauan Yapen dengan menumpang KM. Ciremai.

Terdakwa pembawa 64 butir amunisi disidangkan di Biak 2 i Papua

Advokat dari Lembaga Bantuan Hukum atau LBH Kyadawun, Imanuel Rumayom yang memberikan pendampingan hukum terhadap terdakwa mengatakan, sidang perdana yang dipimpin ketua majelis hakim, Helmin Somalae dengan agenda pembacaan dakwaan terhadap terdakwa oleh Jaksa Penuntut Umum atau JPU, Sugianto.

“Terdakwa didakwa dengan pasal 1 ayat (1) Undang-Undang darurat nomor 12 tahun 1951 tentang kepemilikan amunisi, dengan ancaman hukuman minimal 20 tahun penjara,” kata Imanuel Rumayom kepada Jubi melalui telepon genggamnya, Rabu (13/11/2019).

Meski terdakwa dan penasihat hukumnya tidak mengajukan eksepsi (penolakan) namun materi-materi keberatan terhadap dakwaan JPU akan disampaikan dalam pledoi (pembelaan) pada sidang berikutnya.

“Sidang lanjutan dengan agenda pemeriksaan saksi dari JPU digelar pada 18 November 2019,” ucapnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Kapolres Biak Numfor, AKBP Mada Indra Laksanta mengatakan selain menyita puluhan butir amunisi dari tangan terdakwa, polisi juga menyita sebuah sangkur, satu helai celana loreng, satu helai baju loreng dilengkapi lambang Bintang Kejora, jaket loreng, satu buah topi loreng, dan sepasang sepatu berwarna hitam.

“(Terdakwa) ditangkap saat razia polisi di Pelabuhan Biak, ketika Kapal Penumpang KM Ciremai tiba dari Jayapura sekitar pukul 06.30 WIT, Rabu (4/9),” kata AKBP Mada Indra Laksanta. (*)

Editor : Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa