Follow our news chanel

Previous
Next

Terdapat 16 daerah secara nasional tak terdampak Covid-19

papua, pilkada, covid 19
Ilustrasi pandemi Covid-19 - Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat hanya ada 16 daerah di Indonesia yang tak terdampak penyebaran virus corona. Jumlah itu didapat dari hasil analisis mingguan Satgas Covid-19 per 27 September 2020 lalu.

Daerah tak terdampak dapat diartikan sebagai kabupaten dan kota yang belum ditemukan kasus positif Covid-19. Daerah itu tidak terdampak atau masuk dalam kategori zona hijau. Zona hijau sendiri terdiri dari daerah tidak berdampak dan daerah tidak ada penambahan kasus.

“Sebelumnya, 31 Mei lalu, Satgas mencatat ada 102 daerah tidak terdampak Covid-19. Sejak itu, jumlah daerah tidak terdampak terus menurun hingga menyisakan hanya 16 kabupaten dan kota,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19, Wiku Adisasmito, Selasa (29/9/2020).

Baca juga : Hampir 50 daerah belum membuat aturan disiplin protokol Covid-19 

Sejumlah bakal calon kepala daerah di Jatim positif Covid-19 

Daerah ini bersikap tegas terkait penularan Covid-19 lewat kuliner

Loading...
;

Wiku mengatakan jumlah daerah tidak terdampak covid-19 terus menurun. Pada analisis mingguan 20 September lalu, masih ada 20 daerah kabupaten/kota tidak terdampak.

“Dilihat dari daerah tidak terdampak 20 jadi 16. Kami mohon 16 kabupaten kota menjaga wilayahnya jangan sampai terdampak covid-19,” kata Wiku menjelaskan.

Daerah tidak ada kasus baru juga mengalami penurunan dari minggu sebelumnya sebanyak 21, menjadi 19 kabupaten dan kota pada minggu ini. Sedangkan hanya ada 35 kabupaten kota zona hijau di Indonesia. Jumlah ini menurun dari minggu sebelumnya sebanyak 41 zona hijau.

Peningkatan terjadi di zona oranye atau risiko sedang penyebaran Covid-19 dari 304 menjadi 305 daerah. Lalu zona kuning atau risiko rendah juga bertambah menjadi 112 daerah

Zona merah atau risiko tinggi penyebaran Covid-19 juga mengalami peningkatan dari 58 kabupaten/kota pada pekan lalu, menjadi 62 daerah.

Sebanyak 16 daerah tidak terdampak dan 19 daerah tidak ada kasus baru itu terdiri di provinisi Papua Barat Meliputi Pegunungan Arfak. Sedangkan di Provinsi Papua terdiri di Kabupaten Dogiyai, Yahukimo, Deiyai, Mamberamo Raya, Nduga,  Asmat, Puncak dan  Intan Jaya.

Sisanya di provinsi Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku tenggara Barat dan Kepulauan Riau. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top