Follow our news chanel

Terduga pelaku penghilang Khashoggi tewas mencurigakan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jakarta, Jubi– Mashal Saad al-Bostani, salah satu pelaku yang diduga membunuh dan menghilangkan wartawan pengkritik Arab Saudi, Jamal Khashoggi, dilaporkan tewas akibat kecelakaan yang mencurigakan  di Riyadh.

Surat kabar Turki, Yeni Safak, melaporkan Bostani adalah salah satu dari 15 orang dalam tim khusus yang sengaja dikirim Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman, yang dicurigai senagaja untuk membunuh Khashoggi di gedung konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Koran tersebut menyatakan sumbernya tidak menjelaskan detail kecelakaan lalu lintas itu maupun peran letnan Angkatan Udara Saudi itu dalam kasus dugaan pembunuhan Khashoggi.

Namun media Hurriyet Daily News, lewat salah satu kolumnisnya, Abdilkadir Selvi, berasumsi bahwa konsul jenderal Saudi di Istanbul, Mohammad al-Otaibi, bisa jadi "target eksekusi" pihak Saudi selanjutnya.

Pangeran Mohammed bin Salman disebut bersedia melakukan apa saja untuk memusnahkan segala bukti pembunuhan terhadap Khashoggi.

Yeni Safak melaporkan suara Al-Otaibi juga terekam pada salah satu bukti rekaman yang diyakini otoritas Turki berlangsung saat Khashoggi diinterogasi di dalam gedung konsulat.

Loading...
;

Dalam rekaman itu, Al-Otaibi terdengar sempat meminta para penginterogasi melakukannya (interogasi) di tempat lain. Namun para interogator lain malah meminta dia tutup mulut jika ingin hidup ketika kembali ke Arab Saudi.

Al-Otaibi dikabarkan kembali ke Saudi pada Selasa (16/10/2018) sebelum kantor dan rumah dinasnya di Istanbul digeledah kepolisian Turki pada Rabu  dan Kamis  17 hingga 18 Oktober.

Sementara itu, koran Sabah merilis gambar CCTV yang menunjukan salah satu tersangka lainnya, Maher Abdulaziz M Mutreb. Laporan itu menyebutkan  Mutreb merupakan seorang anggota intelijen yang sempat bertugas di kedutaan besar Saudi di London.

Dia tertangkap kamera tiba di Istanbul pada 2 Oktober lalu sekitar pukul 03.38 pagi waktu lokal. Sekitar pukul 09.55 pagi, Mutreb terlihat pergi menuju gedung konsulat Saudi, beberapa jam sebelum Khashoggi memasuki gedung diplomatik tersebut dan tidak pernah terlihat keluar lagi.

Mutreb disebut meninggalkan gedung konsulat beberapa jam setelah Khashoggi masuk kantor tersebut. Mutreb lalu terlihat mengunjungi kediaman konsul Saudi tak jauh dari kantor konsulat sekitar pukul 16.53.

Dia lalu tertangkap kamera CCTV meninggalkan hotelnya dan tiba di Bandara Ataturk dan pergi meninggalkan Istanbul menggunakan jet pribadi sekitar pukul 17.58.

Mutreb disebut-sebut merupakan orang dekat Pangeran Mohammed. Dia sempat tertangkap kamera mendampingi Mohammed ketika penerus takhta kerajaan Saudi itu melakukan tur kenegaraan ke Madrid, Spanyol, dan Paris, Perancis, beberapa waktu lalu. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top