Follow our news chanel

Previous
Next

Tersangkut jaring, lobster ukuran di bawah 2 ons dilepas kembali

Ilustrasi, pixabay.com
Tersangkut jaring, lobster ukuran di bawah 2 ons dilepas kembali 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Lampung, Jubi – Petugas Badan Keamanan Laut, Tambling Wildlife Nature Conservation mengamankan 20 hingga 30 ekor lobster yang terjebak jaring nelayan saat melakukan patroli laut sekitar daerah Batu Tiang, kawasan Way Haru, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

“Kami berhasil amankan lobster ini. Untuk selanjutnya akan dilepas kembali ke laut agar kembali ke habitat awalnya yaitu bawah laut,” kata petugas Petugas Badan Keamanan Laut, Tambling Wildlife Nature Conservation, Serka Susanto Latifo, Senin, (27/1/2020).

Baca juga : Nelayan daerah ini diajak kembangakan budi daya lobster

Penyelundupan puluhan ribu benih lobster digagalkan

Legislator Papua: Perlu Ada Perda Perlindungan Kepiting dan Lobster

Temuan lobster pada hari Selasa, pekan lalu sekitar pada pukul 05.00 WIB, di Batu Tiang, Kawasan Way Haru, Kabupaten Pesisir Barat. “Penangkapan lobster ini dilakukan oleh para nelayan yang memasang jaring dan jebakan lainnya,” kata Susanto menambahkan.

Loading...
;

Selain itu, patroli laut juga dilakukan di sekitar Menanga dan Pulau Betuah yang merupakan salah satu pulau terluar di Indonesia.

Alasan lobster ini tidak boleh diperjualbelikan, salah satunya dapat merusak terumbu karang atau cagar alam laut (CAL) karena tersangkut di jaring yang telah dipasang oleh para nelayan. Rata-rata lobster untuk konsumsi yaitu berat di atas dua ons, sedangkan yang ditangkap nelayan ini berukuran berat di bawah dua ons. “Di bawah dua on harus dilepasliarkan kembali ke laut yang merupakan habitat lobster,” kata Susanto menjelaskan .

Tercatat dalam fase tahun 2018, 2019 dan hingga awal 2020 ini, penertiban jaring nelayan untuk menangkap lobster ini semakin menurun. Pada 2019 lalu, penertiban terjadi pada bulan November 2018, terdapat 10 kapal dan berhasil dilepasliarkan sebanyak 3 sampai 4 boks, dengan 1 boks berkisar 100 ekor lobster.

Sedangkan pada Desember 2019 lalu, juga berhasil mengamankan 2 boks lobster yang selanjutnya dilepasliarkan kembali untuk menjaga pertumbuhan jumlah populasi dari lobster tersebut. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top