Follow our news chanel

Tes calon guru kontrak diikuti 560 peserta

Pelaksaan ujian seleksi guru kontrak Kepulauan Yapen, Serui, Kamis (30/1/2020) - Humas/Kepyapenkab.go.id.
Tes calon guru kontrak diikuti 560 peserta 1 i Papua
Pelaksaan ujian seleksi guru kontrak Kepulauan Yapen, Serui, Kamis (30/1/2020) – Humas/Kepyapenkab.go.id.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Serui, Jubi – Ujian seleksi calon guru kontrak Kepulauan Yapen digelar pada hari ini di SMA Negeri 1 Serui. Seleksi diikuti sebanyak 560 peserta, dan memperebutkan 224 formasi yang tersedia.

“Seleksi menggunakan sistem CAT (computer assisted test). Kami berharap memeroleh hasil seleksi terbaik,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen Saskar Padierouw, Kamis (30/1/2020).

Pengadaan guru kontrak untuk mengatasi kekurangan tenaga pendidik di Kepulauan Yapen. Adapun sebanyak 224 lowongan yang tersedia terdiri atas 124 guru kontrak untuk sekolah dasar, dan masing-masing 50 guru kontrak untuk SMP serta SMA/SMK. Setiap guru kontrak bakal digaji sebesar Rp2,5 juta sebulan.

Padierouw melanjutkan sistem CAT diterapkan dalam seleksi agar mereka mendapatkan guru yang profesional. Para guru kontrak diharapkan terbiasa dan memahami serta dapat memadukan kemajuan teknologi dalam kegiatan belajar-mengajar di sekolah.

“Penerapanan teknologi (informasi) saat ini menjadi salah satu indikator utama kemajuan (proses) belajar-mengajar di sekolah. Karena itu, seorang guru wajib menguasai teknologi informasi,” kata Padierouw, seperti dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, kepyapenkab.go.id.

Tes potensi akademik melalui sistem CAT juga diharapkan menghasilkan sosok guru kontrak yang militan. Mereka siap dan betah bertugas di daerah pedalaman.

Loading...
;

Padierouw mengaku selama ini banyak guru mengeluhkan lokasi penempatan mereka yang terpencil. Lantaran itu, dalam seleksi kali ini, pelamar atau calon guru kontrak diberi kebebasan untuk memilih daerah penempatan masing-masing.

“Jadi, mereka sudah tahu bakal ditempatkan di daerah mana (setelah dinyatakan lulus seleksi). (Ketika) ditugaskan di daerah terpencil, mereka harus pergi (menjalaninya) karena itu pilihan mereka,” jelas Padierouw.

Penentuan kelulusan peserta seleksi calon guru kontrak berdasarkan pemeringkatan hasil penilaian terbaik dalam tes masuk. Peserta seleksi yang tidak masuk dalam daftar pemeringkatan akan diposisikan sebagai calon tunggu. Mereka masih memiliki kesempatan menjadi guru kontrak ketika ada yang mengundurkan diri atau diberhentikan. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top