Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tes cepat massal Teluk Wondama menyasar kawasan paling berpotensi Covid-19

Sejumlah petugas yang tergabung dalam Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Mimika, Papua, mengikuti pemeriksaan massal menggunakan 'rapid test' bertempat di Kantor Dinas Perhubungan Mimika, Sabtu (25/4/2020) – Jubi/ANTARA

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Teluk Wondama, Jubi – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papua Barat, akan menyasar tempat atau kawasan tertentu yang memiliki potensi tinggi terpapar Covid-19.

“Tes cepat (rapid test) massal itu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana sebaran virus corona di Teluk Wondama,” kata juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Teluk Wondama dr Yoce Kurniawan, Senin, (8/6/2020).

Tes cepat massal Teluk Wondama menyasar kawasan paling berpotensi Covid-19 1 i Papua

Baca juga : Wagub minta seluruh ODP dan PDP di Papua di tes massal

Jakarta gelar tes massal cepat Covid-19

Pengelola Bandara Wamena gelar rapid test massal bagi seluruh petugas

Ia mengatakan bahwa tes cepat massal itu merupakan bagian dari penyelidikan epidemologi yang perlu dilakukan sebagai salah satu prasyarat menuju tatanan kehidupan baru atau normal baru.

Loading...
;

Namun, kata dia, berhubung ketersediaan alat “rapid test” masih terbatas untuk sementara waktu yang dilakukan Gugus Tugas adalah memperluas cakupan pemeriksaan.

“Untuk menuju normal baru kita harus lakukan tes massal. Tapi sementara ini kita akan lakukan kepada pelaku perjalanan dari daerah zona merah dan tempat-tempat tertentu kalau ada temuan kasus pasien dalam pengawasan (PDP) dan kasus positif,” kata Kurniawan menambahkan.

Kurniawan yang juga Direktur RSUD Teluk Wondama menjelaskan alat rapid test pesanan Gugus Tugas setempat sebanyak kurang lebih 600 kit dalam waktu dekat akan tiba di Wasior.

Tambahan alat tes cepat itu  Diharapkan pelaksanaan tes massal pada tempat-tempat tertentu bisa dilakukan. Selain itu, RSUD Teluk Wondama juga sedang mempersiapkan pengoperasian alat tes cepat molekuler (TCM) yang bisa mendeteksi Covid-19.

Mesin TCM sendiri sudah sejak lama dimiliki RSUD Teluk Wondama untuk pemeriksaan pasien penderita TBC. Adapun selama ini pemeriksaan sampel “swab” masih harus dikirim ke laboratorium Kemenkes di Makassar.

“Dalam waktu dekat akan datang dokter patologi untuk membantu kita untuk pengaturan laboratorium untuk pengetesan Covid-19 menggunakan TCM,” kata Kurniawan menjelaskan.

Ia mengaku sudah punya TCM yang punya  setara dengan pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR) sehingga bisa mempercepat pemeriksaan swab.

Tercatat Kabupaten Teluk Wondama sejauh ini masih tercatat sebagai zona merah Covid-19 dengan tiga kasus positif.  Namun kondisi ketiga pasien positif yang telah dirawat di RSUD Teluk Wondama sejak 24 Mei lalu dilaporkan semakin membaik sehingga besar kemungkinan mereka akan sembuh. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top