Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Tes masuk dan perkuliahan tetap daring di Uswim

Papua
Rektor Uswim Petrus I Suripatty menunjukkan buku panduan perkuliahan terbitan Ditjen Dikti, Selasa (11/8/2020) - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Ujian masuk perguruan tinggi maupun aktivitas perkuliahan tetap berlangsung secara daring di Universitas Satya Wiyata Mandala, Nabire. Kebijakan itu sejalan dengan panduan penyelenggaraan perkuliahan selama pandemi Covid-19, yang diterbitkan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi atau Dirjen Dikti.

“Penyaringan (seleksi penerimaan) mahasiswa baru maupun perkuliahan wajib dilaksanakan secara daring. Makanya, tidak ada pilihan. Perkuliahan tatap muka (teori) maupun praktik dan pengabdian kepada masyarakat, semua online (daring),” kata Rektor Universitas Satya Wiyata Mandala (Uswim) Petrus I Suripatty, Selasa (11/8/2020).

Penerapan perkuliahan daring selama ini sempat diprotes sejumlah mahasiswa Uswin. Mereka ingin perkuliahan dilakukan secara luring (offline) karena tidak semua mahasiswa memiliki gawai dan akses internet.

Tes masuk dan perkuliahan tetap daring di Uswim 1 i Papua

Para mahasiswa juga menolak penerapan sistem daring pada ujian masuk perguruan tinggi dan menuntut seluruh peserta diluluskan. Berbagai tuntutan itu disuarakan kembali oleh para mahasiswa dalam aksi protes, kemarin.

“Kuota (jumlah maksimum mahasiswa baru) Uswim itu 500 orang. Kami tetap menerima seluruh pendaftar, tetapi (kepastian kelulusan calon mahasiswa) merujuk kepada hasil tes (masing-masing). Sesuai amanat (Ditjen) Dikti, ujian masuknya berlangsung daring,” jelas Suripatty.

Walaupun demikian, pihak Uswim memfasilitasi calon mahasiswa yang sulit mengakses internet sehingga mereka tetap bisa mengikuti ujian masuk. Sebanyak 40 komputer jinjing (laptop) beserta jaringan internet disiapkan pihak universitas untuk pelaksanaan ujian masuk bagi calon mahasiswa di kampus.

“Bagi calon mahasiswa yang tidak memiliki handphone dan akses internet, kami menyiapkan 40 laptop. Kami juga  (menyiapkan genset untuk) mengantisipasi pemadaman listrik,” kata Suripatty.

Loading...
;

Andini, calon mahasiwa Uswim mengaku dapat memahami kebijakan kampus yang memberlakukan sistem daring pada seleksi penerimaan mahasiswa baru. ”Bagaimana, ya. Ini ‘kan sudah (menjadi) kebijakan kampus. Jujur saja, kalau tidak (karena pandemi) Covid-19, saya berkuliah di Jawa.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top