HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tetap murah, harga tomat di Pasar Pharaa Sentani

Foto ilustrasi, bumbu dapur dan tomat. - Jubi/Yance Wenda
Tetap murah, harga tomat di Pasar Pharaa Sentani 1 i Papua
Foto ilustrasi, bumbu dapur dan tomat. – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Harga tomat di Pasar Pharaa Sentani, Sentani, Kabupaten Jayapura relatif stabil dan murah. Hayuni, penjual bumbu dapur di Pasar Pharaa Sentani menyatakan musim kemarau dan cuaca panas tidak berpengaruh kepada pasokan tomat di sana, sehingga harga tomat tetap murah.

Harga jual tomat jualan Hayuni berkisar Rp8.000 – Rp10.000 per kilogram. Saat mahal, harga tomat bisa mencapai kisaran Rp20.000 per kilogram. “Saat ini memang musim panas, tapi harga tomat tidak terpengaruh,” kata Hayuni di Pasar Pharaa, Kamis (24/10/2019).

Tetap murah, harga tomat di Pasar Pharaa Sentani 2 i Papua

Hayuni menyatakan tomat jualannya adalah tomat lokal panenan para petani di Koya dan Sentani. Karena tomat merupakan sayuran yang mudah rusak, pedagang eceran seperti Hayuni hanya kulakan sekitar 10 kilogram tomat per hari.

“Kami beli [kulakan] di Pasar Youtefa. Jadi, petani Koya akan membawa ke Abepura, lalu kami membeli [dari] tangan kedua dan ketiga. Harga beli kulakan kami Rp5.000 per kilogram. Kami biasa kulakan dengan modal Rp60.000 – Rp100.000,” kata Hayuni.

Hayuni memperkirakan kenaikan harga tomat baru akan terjadi menjelang perayaan Natal atau hari besar keagamaan lainnya. “Paling di bulan November nanti sudah naik,” ujarnya.

Yerena Yigibalom menyatakan konsumen sepertinya lebih tertarik membeli tomat segar yang baru dipetik dari kebun. “Mama-mama yang bawa dari kebun itu boleh, bagus. Maksudnya, masih segar. Kalau [tomat] yang [dikulak] penjual eceran, saya tidak bisa pastikan. Kurang yakin saja,” jelasnya.

Loading...
;

Yigibalom hanya akan membeli tomat dari pedagang sayur eceran jika mendadak membutuhkan tomat dalam jumlah banyak. “Kalau butuh dalam jumlah banyak, saya ambil saja [dari pedagang sayur eceran]. Mungkin [saat] ada acara, atau menerima pesanan membuat sambal,” ucap Yigibalom.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa