Follow our news chanel

Thierry Santa terpilih sebagai presiden Kaledonia Baru

Thierry Santa. - RNZI/New Caledonia Congress
Thierry Santa terpilih sebagai presiden Kaledonia Baru 1 i Papua
Thierry Santa. – RNZI/New Caledonia Congress

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nouméa, Jubi – Pemerintah Kaledonia Baru yang baru telah memilih Thierry Santa sebagai presidennya, untuk masa jabatan lima tahun ke depan.

Santa akhirnya dipilih oleh enam orang dari pemerintah beranggotakan 11 orang itu, setelah mantan presiden dan caretaker, Philippe Germain, memberikan suara penentu.

Namun, 11 menteri itu gagal untuk mencapai kesepakatan tentang siapa yang akan menjadi wakil presiden, dan oleh karena itu mereka akan bertemu lagi pada Selasa pekan ini (2/7/2019), untuk mencoba mengisi kekosongan itu dan membentuk administrasi baru. Pertemuan Selasa ini juga diharapkan akan menetapkan distribusi portofolio kementerian kepada setiap anggota.

Dua minggu lalu, pemilihan presiden negara itu gagal, karena tidak satu pun dari tiga kandidat bisa mendapatkan suara mayoritas.

Germain memilih untuk abstain karena partainya, Caledonia Together, didepak dari posisi teratas di provinsi selatan yang didominasi oleh koalisi anti-kemerdekaan Future with Confidence, termasuk partai Thierry Santa. Dalam pemilu nasional Mei lalu, Future with Confidence menggantikan Caledonia Together sebagai partai terbesar dalam Kongres.

Koalisi pemerintah Future with Confidence telah meminta agar referendum berikutnya tentang penentuan nasib sendiri Kaledonia Baru dari Prancis diadakan secepatnya, sama dengan keinginan blok pro-kemerdekaan untuk diadakannya referendum kedua tahun depan. (RNZI)

Loading...
;

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top