HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tiap Bulan 1000 Pasien Berobat di Puskesmas Waena

Puskesmas Waena, Kota Jayapura-Jubi/dam
Puskesmas Waena, Kota Jayapura-Jubi/dam

Jayapura, Jubi- Puskesmas Waena Kota Jayapura setiap bulan melayani hampir 1000 pasien dan penyakit dominan adalah Insfeksi Saluran Pernafasan Akut(ISPA) dan juga malaria. Sedangkan tiap hari pasiennya mencapai 80-100 pengunjung.

“Sekitar 20 persen itu pasien orang asli Papua yang datang berobat ke sini,”kata Kepala Bagian Tata Usaha Nuraini Kafiar saat mewakili Kepala Puskesmas Waena, Selasa( 20/9/2016) saat kunjungan dari wartawan bersama Kinerja Usaid.

Dia menambahkan setiap pasien orang asli Papua selalu mendapat pelayanan dengan menggunakan Kartu Papua Sehat(KPS).”Begitupula pasien lainnya yang memakai Kartu BPJS Kesejehatan,”katanya.

Menyinggung soal waktu pelayanan di loket Puskesmas, Nuraini mengaku kalau selama ini pasien mengeluh kalau pelayanan di lokey terlalu lama. “Hal ini terjadi karena jumlah tenaga yang terbatas sehingga pasien menunggu lama. Standar operasional kita untuk menunggu pelayanan minimal 13 menit sudah langsung ke klinik,”katanya.

Sementara itu salah seorang pasien pelajar Sekolah Menengah Olahraga Jan Romka mengaku sudah menunggu sejak pukul 09.00 pagi dan baru saja melakukan pemeriksaan darah di laboratorium Puskesmas. “Saya sudah tunggu hampir dua jam untuk ke klinik sambil mengambil hasil pemeriksaan darah,”Katanya.

Konsultan Media Kinerja USAID Frimansyah mengatakan Puskesmas Waena merupakan salah satu Puskesmas aplikasi dan bukan pendampingan langsung dari Usaid Kinerja. “Kami hanya mendampingi Puskesmas Koya Barat, Puskesmas Abepantai dan Puskesmas Tanjung Ria,”katanya. Namun kata dia karena Puskesmas Waena termasuk yang mau melakukan aplikasi sehingga mendapat kunjungan dari media tour Usaid Kinerja.(*Yance Wenda)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa