HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Tidak tegas soal transportasi, Presiden Jokowi disomasi relawan Korona

Ilustrasi -IST
Tidak tegas soal transportasi, Presiden Jokowi disomasi relawan Korona 1 i Papua
Ilustrasi -IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Relawan Korona Papua melayangkan somasi kepada Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) berkaitan dengan Surat Edaran Menteri Perhubungan atas revisi Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia No.25 tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Covid 19 yang intinya semua moda transportasi dibuka kembali.

Alasan melayangkan somasi ini, menurut salah satu relawan, Piter Ell, SH (Jumat, 7/5/2020) adalah pernyataan Menteri Perhubungan RI pada tanggal 6 Mei 2020 akan menerbitkan edaran pemberian izin operasi transportasi baik darat, laut maupun udara di seluruh wilayah Indonesia termasuk Propinsi Papua. Pernyataan tersebut telah menimbulkan kegaduhan di tengah masyarkat terlebih bertentangan dengan Pernyataan Presiden RI tentang larangan mudik dalam rangka menekan peningkatan penyebaran Covid-19.

Tidak tegas soal transportasi, Presiden Jokowi disomasi relawan Korona 2 i Papua

“Selain itu, Kesepakatan Gubernur Papua dan Forkompinda Propinsi Papua tanggal 5 Mei 2020 tentang perpanjangan pembatasan sosial di Provinsi Papua di sudah tepat dan patut dipertahanakan demi kemaslahatan bangsa dan negara,” jelas Piter Ell.

Salah satu isi kesepakatan itu adalah perpanjangan pembatasan akses transportasi dari dan ke Papua hingga tanggal 32 Mei 2020. Pembatasan akses transportasi ini dikecualikan untuk kepentingan logistic dan bahan pokok, bahan bakar, logistic kesehatan dan obat obatan, tenaga medis dan evakuasi pasien, struktur perbankan, pergantian crew pesawat, emergency keamanan dan kegiatan kedinasan yang penting dan mendesak.

Ell menambahkan, fakta menunjukan perkembangan kasus Covid 19 di Propinsi Papua pada tanggal 6 Mei 2020 dengan trend yang terus naik yang telah mencapai angka pasien positif 248, meninggal 7, sembuh 63,dirawat 178, PDP 390 dan ODP 2469.

“Bapak Presiden RI dalam 3×24 jam segera memerintahkan Menteri Perhubungan RI untuk tidak merevisi Keputusan Menteri Perhubungan RI No.25 tahun 2020 Tentang Pengendalian Transportasi selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H dalam rangka Pencegahan Covid 19 karena telah sesuai kesepakatan bersama yang telah dibuat oleh Gubernur Papua dan Forkopimda Provinsi Papua tanggal 5 Mei 2020,” tegas Piter Ell.

Apabila somasi ini tidak diindahkan maka Relawan Korona Papua akan menempuh proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Rabu (6/5/2020) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan seluruh moda transportasi komersial untuk angkutan penumpang, baik darat, laut, maupun udara akan kembali beroperasi pada hari ini, 7 Mei 2020. Layanan moda transportasi umum ini sebelumnya sempat ditutup di wilayah pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan zona merah menyusul ditetapkannya aturan larangan mudik.

“Dimungkinkan transportasi akan dibuka besok (hari ini), namun untuk kepentingan khusus. Tidak untuk mudik. Pemerintah tetap melarang mudik,” ujar Budi Karya dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI DPR, Rabu..

Relawan Korona Papua adalah solidaritas masyarakat sipil yang terdiri dari puluhan individu dari beragam latarbelakang profesi yang didampingi oleh sekitar 21 pengacara. (*)

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.